Aliyah, Andi Dzakiyatul (2024) Partisipasi siswa dan orang tua dalam pembiasaan budaya religius di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031273_JUDUL__240402114627.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031273_BAB_I__240331085818.pdf Download (327kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031273_BAB_II__240331085818.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000031273_BAB_III__240401110058.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031273_BAB_IV__240331085818.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000031273_BAB_V__240331085818.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031273_DAFTAR_PUSTAKA__240331085818.pdf Download (260kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031273_LAMPIRAN__240331085818.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Andi Dzakiyatul Aliyah (2000031273), Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam , Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya partisipasi siswa dan orang tua dalam mengikuti pembiasaan budaya religius di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Serta adanya hambatan dalam penanaman budaya religius siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mendeskripsikan implementasi budaya religius bagi siswa dan orang tua di SMP Muhamadiyah 9 Yogyakarta,(2) mendeskripsikan problem partisipasi siswa dan dan orang tua dalam pembiasaan budaya religius di SMP Muahamadiyah 9 Yogyakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik dalam pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukanmelalui, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil penelitian tersebut.
Hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta ini menunjukan bahwa; (1) SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta mengimplementasikan pembiasaan budaya religius melalui kegiatan yang dilaksanakan setiap hari oleh masyarakat sekolah yaitu; BTTQ ( Baca Tulis Tahfidz Al-Quran ), menunaikan shalat dzuhur dan shalat ashar secaraberjama'ah di sekolah, 5S ( Senyum Salam Sapa Sopan Santun ) kegiatan tersebut dilakukan setiap dipagi hari. (2) Faktor yang mempengaruhi minimnya partisipasi siswa yaitu, minimnya peran orang tua kandung, pengaruh teman sebaya, kurangnya pemahaman dan pengalaman peran individu. Serta terdapat pula faktor yang mempengaruhi minimnya partisipasi orang tua dalam mengikuti pembudayaan religius di sekolah yaitu, komunikasi dalam lingkungan keluarga yang dimana permasalah antara orang dewasa yang tidak terselesaikan sehingga memberi dampak kepada kegiatan anak di sekolah, rendahnya motivasi dalam mendidik anak ketika orang tua sibuk dengan urusan pekerjaan sehingga motivasi dan fokus dalam mendidik anak mengalami penurunan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | budaya, partisipasi, religius |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 05:14 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 05:14 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61888 |
Actions (login required)
View Item |