Tuanto, Eko (2024) Pengembangan modul muhadatsah manhaj al mawafiq untuk meningkatkan maharah kalam pelajaran bahasa Arab di Kelas VII SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2107052022_JUDUL__240402012108.pdf Download (973kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2107052022_BAB_I__240402012108.pdf Download (327kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2107052022_BAB_II__240402012108.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
Text (BAB III)
T2_2107052022_BAB_III__240402012108.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
|
Text (BAB IV)
T2_2107052022_BAB_IV__240402012108.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
T2_2107052022_BAB_V__240402012109.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2107052022_DAFTAR_PUSTAKA__240402012109.pdf Download (396kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2107052022_LAMPIRAN__240402092619.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2107052022_NASKAH_PUBLIKASI__240401021916.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kurangnya modul percakapan sehari-hari dalam pembelajaran bahasa Arab sesuai dengan kondisi yang dihadapai peserta didik, hal ini menjadi salah satu penghambat penguasaan muhadatsah di kalangan peserta didik, peneliti bertujuan membuat dan mengembangkan modul muhadatsah berbasis manhaj al mawaqif untuk meningkatkan maharah kalam dalam pelajaran bahasa Arab di kelas VII SMP Muhammadiyah Al Mujahidin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian R & D yang dikembangkan oleh Sugiyono. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik, yaitu observasi, angket, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualititatif dan teknik analisis kuantitatif. Teknik analisis kualitatif untuk menganalisis hasil reviewer pakar, hasil uji coba produk, dan uji coba pemakaian, yang berisi masukan, tanggapan, saran, dan krititikan. Sementara analisis kuantitatif untuk menganalisis data-data yang sudah dikumpulkan.
Penelitian ini menghasilkan produk sebuah modul Amtsilatul Muhadatsah Yaumiyatuna Fi Ma’hadina. Modul ini memuat kosa kata, materi percakapan, latihan-latihan dan kamus mini. Hasil validasi ahli menunjukan kelayakan media ditinjau menurut ahli media pembelajaran sebesar 90,78% termasuk dalam kategori sangat layak, ahli materi 97,5% termasuk kategori sangat layak. hasil penerapan ujicoba terhadap peserta didik pada kelas eksperimen menunjukan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 14,77 dari nilai sebelumnya. Selain itu Berdasarkan hitungan statistik yang telah dilakukan dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 25, secara deskriptif terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan percakapan bahasa Arab para peserta didik. Begitu pula apabila melihat uji hipotesis yang telah dilakukan, nilai pretest dan posttest menunjukkan perbedaan sebagaimana pada uji paired sample test yang menunjukkan nilai signifikan yang memiliki arti bahwa penggunaan modul Amtsilatul Muhadatsah Yaumiyatuna Fi Ma’hadina dalam pembelajaran bahasa Arab terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah penggunaan media. Sehingga dari penilaian-penilaian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa modul Amtsilatul Muhadatsah Yaumiyatuna Fi Ma’hadina yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | modul muhadatsah, manhaj al mawaqif, maharah kalam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 05:14 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 05:14 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61889 |
Actions (login required)
View Item |