Mahendrathama, Akbar (2024) Strategi komunikasi pemasaran warung makan Sego Gobyos Mbah Tugi Pacitan dalam meningkatkan daya saing. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900030296_JUDUL__240403093909.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900030296_BAB_I__240403093909.pdf Download (420kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900030296_BAB_II__240403093909.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1900030296_BAB_III__240403093909.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1900030296_BAB_IV__240403093909.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900030296_DAFTAR_PUSTAKA__240403093909.pdf Download (369kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900030296_LAMPIRAN__240403093909.pdf Restricted to Registered users only Download (872kB) |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900030296_NASKAH_PUBLIKASI__240403093909.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
Abstract
Strategi didefinisikan sebagai sebuah tindakan, aksi atau kegiatan yang
dilakukan oleh seseorang atau perusahaan untuk mencapai sasaran atau tujuan yang
telah ditetapkan. Strategi komunikasi pemasaran menjadi urgen dalam
menyampaikan misi pemasaran dalam suatu produk untuk mempertahankan dan
meningkatkan jumlah pengunjung dan hal tersebut berdampak dalam meningkatkan
daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi
komunikasi pemasaran Mekar Jaya Seafood di Pacitan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan
desain penelitian lapangan (field research). Dalam mengumpulkan data, penelitian
ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara,
dokumentasi, dan studi pustaka. Observasi di Mekar Jaya Seafood, wawancara
dilakukan kepada pemilik warung makan dan karyawan warung makan, sedangkan
dokumentasi diperoleh dari data-data yang diperoleh di lapangan. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data,
verifikasi dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini menggunakan triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian ini, maka kesimpulan
dari penelitian ini adalah Mekar Jaya Seafood merupakan sebuah restoran yang
menonjolkan menu makanan seafood. Mekar Jaya Seafood tidak melakukan strategi
komunikasi pemasaran berupa 8 bauran komunikasi pemasaran yaitu periklanan
(advertising), promosi penjualan (sales promotion), acara dan pengalaman (event
and experience), hubungan masyarakat dan publisitas (public relation and
publicity), pemasaran interaktif (interactive marketing), pemasaran dari mulut ke
mulut (word of mouth), pemasaran langsung (direct marketing), dan penjualan
personal (personal selling) karena hanya menggunaka 4 bauran strategi komunikasi
pemasaran yaitu promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat dan
publisitas (public relation and publicity), pemasaran interaktif (interactive
marketing), pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth), dan penjualan
personal (personal selling). Mekar Jaya Seafood lebih aktif menggunakan stategi
komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan media sosial yaitu Instagram.
Harapan peneliti kepada penelitian selanjutnya adalah agar dapat melakukan dan
menghasilkan penelitian terkait strategi komunikasi pemasaran dengan
memperhatikan setiap aspek-aspek dan metodologi yang harus terkandung di
dalamnya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | strategi, komunikasi, pemasaran,daya saing |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisi / Prodi: | Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:01 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61893 |
Actions (login required)
View Item |