Keefektifan konseling kelompok realita untuk mereduksi nomophobia pada siswa kelas VIII siswa SMPN 1 Banguntapan

'Ainii, Annida Qurrotu (2024) Keefektifan konseling kelompok realita untuk mereduksi nomophobia pada siswa kelas VIII siswa SMPN 1 Banguntapan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900001066_JUDUL__240326035009.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900001066_BAB_I__240326035009.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900001066_BAB_II__240326035009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900001066_BAB_III__240326035010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900001066_BAB_IV__240326035010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900001066_BAB_V__240326035010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001066_DAFTAR_PUSTAKA__240326035010.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900001066_LAMPIRAN__240326035010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Fakta gejala adanya nomophobia terjadi pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Banguntapan. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru bimbingan dan konseling SMP Negeri 1 Banguntapan menunjukkan bahwa masih terdapat peserta didik yang mengalami nomophobia dengan gejala cemas ketika wifi/jaringan internet sedang tidak stabil di sekolah, ketika sekolah mengadakan razia siswa terlihat panik jika handphone-nya tidak langsung dikembalikan. Guna mengurangi nomophobia pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan diperlukan adanya dukungan dari semua pihak, khususnya kontribusi seorang pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok realita untuk mereduksi nomophobia pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Banguntapan.
Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah Eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design yang menggunakan model one group pretest posttest design. Penentuan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banguntapan yaitu 5 orang peserta didik. Uji validitas menggunakan rumus product moment dengan bantuan SPSS versi 16. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach. Teknik pengumpulan data menggunakan skala nomophobia. Data yang terkumpul dalam bentuk kuantitatif (angka) kemudian dianalisis secara statistik. Penggunaan analisis data statistik pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t test.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan paired sample t test, diketahui nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 (< 0,005), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan skor pretest dan posttest sehingga konseling kelompok realita efektif untuk mereduksi nomophobia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi bagi guru Bimbingan dan Konseling atau konselor untuk membantu siswa dalam mereduksi nomophobia melalui konseling kelompok realita.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Nomophobia, konseling kelompok, realita
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:56
Last Modified: 26 Apr 2024 08:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61907

Actions (login required)

View Item View Item