Sofi'i, Muhammad (2024) Konsep pendidikan anak usia dini dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam karangan Abdullah Nashih Ulwan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031067_JUDUL__240326082336.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031067_BAB_I__240326082336.pdf Download (496kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031067_BAB_II__240326082336.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031067_BAB_III__240326082336.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031067_BAB_IV__240326082336.pdf Restricted to Registered users only Download (866kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031067_BAB_V__240326082336.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031067_DAFTAR_PUSTAKA__240326082336.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031067_LAMPIRAN__240326082336.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
Abstract
Para guru anak usia dini sering kali mengalami kesulitan dalam menerapkan metode komunikasi yang efektif, sehingga dapat memberikan contoh yang kurang baik bagi anak-anak. Selain itu, terdapat perilaku kurang santun dari sebagian anak terhadap orang dewasa yang menunjukkan kekurangan dalam memberikan pemahaman akan nilai-nilai moral dan etika kepada anak-anak. Oleh karena itu, diperlukan upaya bersama dari berbagai pihak untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini serta peran penting komunikasi dan pendidikan moral dalam proses tersebut. Dalam hal ini, Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Abdullah Nashih Ulwan dapat menjadi landasan dalam menemukan solusi atas permasalahan-permasalahan dalam Pendidikan Anak Usia Dini.
Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Sehingga peneliti fokus pada data-data literatur yang dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan kesimpulan. Adapun yang menjadi data primer dalam penelitian ini adalah kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam karangan Abdullah Nashih Ulwan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, dimana dalam hal ini penulis mengumpulkan berbagai literatur yang relevan. Sedangkan teknik analisi yang digunakan adalah analisis isi dimana tahapannya yaitu penetapan unit analisis, proses inferensi dan interpretasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) konsep pendidikan anak usia dini pada kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam mencakup beberapa dimensi penting untuk membentuk perkembangan holistik anak, yaitu pendidikan iman, pendidikan akhlak, pendidikan fisik, pendidikan intelektual, pendidikan psikologi, pendidikan sosial, dan konsep pendidikan seksual. pendekatan ini melibatkan pembentukan nilai-nilai iman dan akhlak, pengembangan fisik dan kecerdasan intelektual, pemahaman psikologis, interaksi sosial yang sehat, dan pemahaman yang benar terkait dengan pendidikan seksual. 2) Pola pembinaan akhlak anak usia dini yang bersifat holistik pada kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam, melibatkan pendidikan dengan keteladanan, pendidikan dengan adat kebiasaan, pendidikan dengan nasihat. pendidikan dengan perhatian, serta pemberian hukuman. 3) Relevansi konsep pendidikan dan pola pembinaan akhlak anak usia dini pada kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam di era kontemporer dapat dilihat pada dua hal. Pertama, kitab tersebut menyoroti kecenderungan positif pendidikan anak usia dini saat ini, terutama dalam aspek agama, moral, dan kesehatan. Program Pendidikan Karakter (PPK) aktif membentuk nilai-nilai moral, sementara kurikulum kesehatan fokus pada pencegahan tindakan yang dapat merusak kesehatan anak. Sekolah juga aktif dalam program pembinaan perilaku positif dan interaksi sosial, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan holistik. Pendidikan keimanan dan spiritualitas tetap menjadi komponen integral melalui kurikulum agama, memahami perannya dalam membentuk kepribadian dan nilai-nilai anak-anak. 2) kitab tersebut menyoroti pentingnya pendidikan anak usia dini yang holistik, melibatkan aspek seperti keteladanan, adat kebiasaan, nasihat, perhatian, dan hukuman. Prinsip-prinsip Abdullah Nashih Ulwan menjadi pedoman penting dalam mengembangkan pendidikan anak usia dini dengan fokus pada nilai-nilai moral, agama, dan karakter yang kuat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam, pendidikan, anak usia dini |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 09:49 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 09:49 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61933 |
Actions (login required)
View Item |