Hubungan efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan regulasi diri dalam belajar pada siswa SMP X Yogayakarta

Hartono, Hilmy (2024) Hubungan efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan regulasi diri dalam belajar pada siswa SMP X Yogayakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800013117_JUDUL__240330011202.pdf

Download (912kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800013117_BAB_I__240330011202.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800013117_BAB_II__240330011202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800013117_BAB_III__240330011202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800013117_BAB_IV__240330011202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800013117_BAB_V__240330011202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800013117_DAFTAR_PUSTAKA__240330011202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800013117_LAMPIRAN__240330011202.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800013117_NASKAH_PUBLIKASI__240330011203.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan self-regulated learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas 7 SMP Negeri 2 Ngaglik Yogyakarta. Jumlah sampel yang diteliti adalah 64 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif menggunakan alat ukur skala self-regulated learning, skala efikasi diri, dan skala dukungan sosial orang tua. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis regresi liniear berganda, dengan menggunakan program komputer Statistical Product and Service Sollution (SPSS) 16.00 for Windows. Hasil analisis menghasilkan: (1) Terdapat hubungan positif sangat signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan self-regulated learning dengan koefisien korelasi R = 0,634 dengan taraf signifikansi (p) 0,000 (p<0,01). (2) Terdapat hubungan positif sangat signifikan antara efikasi diri dengan self-regulated learning dengan nilai partial 0,388 dan nilai signifikansi (p) 0,003 (p<0,01). (3) Terdapat hubungan positif sangat signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan self-regulated learning dengan nilai partial 0,435 dan nilai signifikansi (p) 0,001 (p<0,01). Berdasarkan penelitian ini disimpulkan terdapat hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan self-regulated learning pada siswa kelas 7 SMP Negeri 2 Ngaglik Yogyakarta dengan sumbangan efektif 40,2%. Selain itu sumbangan efektif efikasi diri terhadap self-regulated learning 18% serta sumbangan efektif dukungan sosial orang tua terhadap self-regulated learning 22%.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: dukungan sosial orang tua, efikasi diri, self-regulated learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:02
Last Modified: 24 Apr 2024 03:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61938

Actions (login required)

View Item View Item