Indriyati, Indriyati (2024) Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa pada materi sistem peredaran darah kelas XI SMA Negeri 1 Turi. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900008020_JUDUL__240327121400.pdf Download (650kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900008020_BAB_I__240327121400.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900008020_BAB_II__240327121400.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900008020_BAB_III__240327121400.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900008020_BAB_IV__240327121400.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900008020_BAB_V__240327121400.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900008020_DAFTAR_PUSTAKA__240327121400.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_1900008020_LAMPIRAN__240327121400.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar dan minat belajar siswa pada materi sistem peredaran darah kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Turi, Sleman yang masih kurang baik karena siswa kurang siap dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya variasi guru dalam menerapkan model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar kognitif dan minat siswa pada materi sistem peredaran darah kelas XI SMA Negeri 1 Turi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Turi. Sampel dalam penelitian ini yaitu 2 kelas. Kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru, soal pilihan ganda, dan lembar angket minat siswa. Teknik analisis data meliputi N-gain, uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji Independent sample t-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar kognitif berdasarkan analisis data dengan N-gain menunjukkan hasil pada kelas eksperimen sebesar 0,3215 dan kelas kontrol sebesar 0,3072. Dengan hasil belajar diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,821>0,05 sehingga dapat dinyatakan H₀ diterima, yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning. (2) Minat belajar menunjukkan hasil rerata siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu 64,41% memperoleh kategori tinggi dan siswa yang menggunakan metode ceramah yaitu 45,5% yang termasuk ke dalam kategori rendah. Hal ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh terhadap minat belajar siswa pada materi sistem peredaran darah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Discovery learning, hasil belajar kognitif, minat belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 03 May 2024 05:25 |
Last Modified: | 03 May 2024 05:25 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61961 |
Actions (login required)
View Item |