Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik

Lathifah, Arinna Dhiyaa' Nisa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000006060_JUDUL__240326103517.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000006060_BAB_I__240326103517.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000006060_BAB_II__240326103517.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000006060_BAB_III__240326103517.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000006060_BAB_IV__240326103517.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000006060_BAB_V__240326103518.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006060_DAFTAR_PUSTAKA__240326103518.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000006060_LAMPIRAN__240326103518.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Lathifah, Arinna Dhiyaa’ Nisa. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
ABSTRAK
Pembelajaran yang terfokus pada guru dan kurang bervariatif menyebabkan peserta didik jenuh, bosan, dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika menyebabkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Oleh sebab itu, diperlukan model pembelajaran yang bervariatif selama proses pembelajaran matematika berlangsung. Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan Think Pair Share (TPS) menjadi model pembelajaran inovatif yang dapat mendorong keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan model pembelajaran tipe Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Salam semester genap pada tahun pelajaran 2023/2034.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif true eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Salam Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F dengan jumlah peserta didik keseluruhan 189. Sampel diambil dari 2 kelas dengan teknik random sampling dan diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan observasi keterlaksanaan proses pembelajaran. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas, kemudian uji hipotesis yang digunakan uji U mann whitney.
Hasil penelitian dengan taraf signifikan 0,05 menggunakan perhitungan SPSS versi 25 for windows: terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Salam. Ditunjukkan pada sig.=0,029, maka sig.<α.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pengaruh, Make A Match, Think Pair Share, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:47
Last Modified: 24 Apr 2024 04:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61979

Actions (login required)

View Item View Item