Pengaruh Permainan Lompat Tali terhadap Gerakan Melompat Anak Usia Sekolah Dasar Kelas 1 SD N Bendungan Tirtomartani Kalasan

Fadhilla, Arum Arininta Nur (2024) Pengaruh Permainan Lompat Tali terhadap Gerakan Melompat Anak Usia Sekolah Dasar Kelas 1 SD N Bendungan Tirtomartani Kalasan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005014_JUDUL__240424093715.pdf

Download (816kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005014_BAB_I__240424093715.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005014_BAB_II__240424093715.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005014_BAB_III__240424093715.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005014_BAB_IV__240424093715.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005014_BAB_V__240424093715.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005014_DAFTAR_PUSTAKA__240424093715.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005014_LAMPIRAN__240423102453.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005014_NASKAH_PUBLIKASI__240423102453.pdf

Download (361kB)

Abstract

Bermain bukan hanya sekadar hiburan bagi anak, melainkan juga merupakan media penting untuk pendidikan dan pembelajaran. Permainan tradisional mulai jarang dimainkan oleh anak-anak karena beralih ke permainan digital. Lompat tali merupakan permainan tradisional yang efektif mengembangkan motorik kasar, anak-anak dapat meningkatkan kekuatan tulang, keterampilan kognitif, keberanian, akurasi, dan kemampuan sosialisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan motorik anak terutama aspek melompat usia sekolah dasar dan pengaruh permainan lompat tali terhadap kemampuan motorik anak usia sekolah dasar.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel penelitian adalah anak usia yang berusia 6-8 tahun di SD Negeri Bendungan dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdapat dua variabel bebas adalah permainan lompat tali (X), dan variabel terikat adalah gerakan melompat anak (Y).Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon dan uji anova untuk mengetahui kemampuan gerakan melompat dan pengaruh antar variabel.
Hasil penelitian ini menggunakan uji wilcoxon untuk kemampuan motoik anak kelompok eksperimen menunjukkan nilai Z hitung sebesar -3.530 dan sig sebesar 0.000 dan variabel permainan lompat tali menunjukkan nilai Z hitung sebesar -3.309 dan signifikansi sebesar 0.001 serta uji anova oneway variabel permainan lompat tali memiliki signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 menunjukkan bahwa kemampuan motorik anak sebelum diberikan treatment kemampuan melompat anak pada kategori rendah sebanyak 14 anak dengan nilai rata-rata sebesar 19,56 sedangkan untuk kemampuan anak setelah dilakukan treatment mengalami peningkatan pada kategori rendah menjadi sebanyak 9 anak dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 30,32. Peningkatan skor yang terjadi setelah pemberian treatment atau melalui perlakuan permainan lompat tali dapat terjadi karena permainan lompat tali. Permainan lompat tali berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan motorik anak sekolah dasar dikarenakan Permainan lompat tali membantu anak mempelajari keterampilan motorik, seperti cara mengontrol anggota tubuh, keseimbangan, ketangkasan, koordinasi tangan-mata, dan lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: kemampuan motorik, permainan lompat tali, melompat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:52
Last Modified: 31 Jul 2024 02:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/61999

Actions (login required)

View Item View Item