Nilai-nilai pendidikan karakter dalam webtoon Pak Guru Inyong dan relevansinya pada Pendidikan Agama Islam

Azizah, Yulia Luthfiyani (2024) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam webtoon Pak Guru Inyong dan relevansinya pada Pendidikan Agama Islam. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000031279_JUDUL__240423084014.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000031279_BAB_I__240423055206.pdf

Download (647kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000031279_BAB_II__240423055206.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000031279_BAB_III__240423055206.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000031279_BAB_IV__240423055206.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000031279_BAB_V__240423055206.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031279_DAFTAR_PUSTAKA__240423055206.pdf

Download (277kB)

Abstract

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam membentuk individu yang bermoral. Untuk membentuk individu yang bermoral dibutuhkan penanaman karakter sejak dini. Berdasarkan data yang diambil dari Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan pada tahun 2021, Indonesia mengalami kemerosotan karakter pada siswa jenjang menengah. Oleh karena itu, dibutuhkan penanaman pendidikan karakter yang intens. Penanaman pendidikan karakter dapat dilakukan dengan berbagai strategi dan metode. Salah satunya melalui media komik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Webtoon Pak Guru Inyong beserta relevansinya pada pendidikan agama Islam
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kulaitatif dengan jenis penelitian Analisis isi. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah komik Pak Guru Inyong dan sumber data sekunder berasal dari jurnal ilmiah, skripsi, thesis dan buku-buku yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi semiotika perspektif Charles Sanders Peirce. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan terdapat lima nilai pendidikan karakter utama yang terdapat pada Webtoon Pak Guru Inyong. Kelima nilai tersebut terdiri dari nilai religius, nilai nasionalis, nilai integritas, nilai mandiri dan nilai gotong royong. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Webtoon Pak Guru Inyong relevan dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terdiri dari nilai i’tiqadiyah, amaliyah, khuluqiyah.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Nilai-nilai pendidikan karakter, webtoon Pak Guru Inyong, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:56
Last Modified: 26 Apr 2024 08:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62017

Actions (login required)

View Item View Item