Pengaruh financial literacy dan penggunaan e-commerce terhadap kinerja usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Yogyakarta (studi kasus UMKM pengrajin perak Kotagede Yogyakarta)

Aswadi, Nazri (2024) Pengaruh financial literacy dan penggunaan e-commerce terhadap kinerja usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Yogyakarta (studi kasus UMKM pengrajin perak Kotagede Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800012289_JUDUL__240321030441.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800012289_BAB_I__240320081639.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800012289_BAB_II__240320081639.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800012289_BAB_III__240320081639.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800012289_BAB_IV__240320081639.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800012289_BAB_V__240320081639.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800012289_DAFTAR_PUSTAKA__240320081639.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800012289_LAMPIRAN__240321030441.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah lama memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Pada era globalisasi ini, teknologi digital berfungsi berarti terhadap keberlangsungan usaha. Perihal ini memacu parapelaku UMKM untuk menghasilkan sesuatu yang baru, cocok dengan masa digital saat ini yaitu masuk ke ranah e-commerce, dan juga aspek financial literacy yang perlu diperhatikan. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena masih adanya berbagai permasalahan dalam pertumbuhan UMKM di Indonesia, sehingga mengakibatkan lemahnya daya saing terhadap produk impor. Tantangan utama yang dihadapi UMKM antara lain keterbatasan infrastruktur, akses pemerintah terkait perizinan dan birokrasi, serta biaya yang mahal. Permasalahan yang ada berdampak pada kinerja UMKM. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh financial literacy dan penggunaan e-commerce terhadap kinerja UMKM pengrajin perak Kotagede Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, menggunakan metode penelitian kuantitatif, data diperoleh menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah UMKM pengrajin perak Kotagede Yogyakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang diperoleh 40 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel financial literacy dan penggunaan e-commerce berpengaruh terhadap kinerja usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pengrajin perak Kotagede Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: kinerja UMKM, financial literacy, penggunaan e-commerce
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Accounting (S1 Akuntansi)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:54
Last Modified: 26 Apr 2024 08:54
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62060

Actions (login required)

View Item View Item