Efektivitas konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan

Oktapiana, Siska (2024) Efektivitas konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900001007_JUDUL__240314111214.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900001007_BAB_I__240313045445.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900001007_BAB_II__240313045301.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900001007_BAB_III__240313045301.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900001007_BAB_IV__240313045301.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900001007_BAB_V__240313045301.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001007_DAFTAR_PUSTAKA__240313045301.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900001007_LAMPIRAN__240313045301.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Penyesuaian diri merupakan kemampuan individu untuk mengatasi hal-hal baru yang membangun hubungan yang lebih baik dan serasi antara individu dengan lingkungan sekitarnya. Dampak yang terjadi jika kurangnya penyesuaian diri yakni suka menyendiri, tidak suka berbaur dengan teman-temannya dan dalam berkomunikasi pun sangat kurang bahkan belum dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan disekolah. Hal tersebut menunjukkan bahwa penyesuaian diri berperan sangatlah penting dalam diri seseorang. Untuk itu perlunya upaya untuk meningkatkan penyesuaian diri melalui konseling kelompok Teknik Cognitive Restructuring.Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan desain one grup pretest posttest. Populasi melibatkan siswa kelas 7 Semester ganjil. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa kuesioner dengan skala. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan paired sample t-test dengan bantuan spss for windows 10. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 (alpha) yang artinya Ha diterima. Dari hasil penelitian ini menunjukkan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan pemahaman dengan konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di SMP Muhammadiyah Banguntapan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Penyesuaian diri, konseling kelompok teknik cognitive restructuring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 10 May 2024 02:03
Last Modified: 10 May 2024 02:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62174

Actions (login required)

View Item View Item