Hubungan antara intensitas media sosial dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa MAN 3 Bantul

Junia Azzahra, Nur'fajrina (2024) Hubungan antara intensitas media sosial dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa MAN 3 Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900001003_JUDUL__240319025654.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900001003_BAB_I__240319025654.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900001003_BAB_II__240319025654.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900001003_BAB_III__240319025654.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900001003_BAB_IV__240319025654.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900001003_BAB_V__240319025654.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001003_DAFTAR_PUSTAKA__240319025654.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900001003_LAMPIRAN__240319025654.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam mengembangkan potensi peserta didik. Pada masa remaja, siswa menghadapi berbagai perubahan fisik dan mental yang dapat mempengaruhi perilaku mereka dalam mengelola waktu dan menyelesaikan tugas-tugas akademik. Salah satu masalah yang sering dihadapi siswa adalah perilaku prokrastinasi, yaitu kecenderungan untuk menunda atau memulai aktivitas lain yang tidak signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa di MAN 3 Bantul.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 3 Bantul yang berjumlah 685 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil adalah siswa kelas X,XI,XII dengan kriteria siswa tersebut aktif di MAN 3 Bantul dan siswa kelas X,XI,XII yang menunjukkan perilaku prokrastinasi akademik dengan bermain media sosial. Sampel yang diambil berjumlah 102 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner intensitas penggunaan media sosial dan kuesioner perilaku prokrastinasi akademik siswa. Validitas dan reliabilitas yang digunakan peneliti yaitu expert judgment. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan spss 25.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dan perilaku prokrastinasi akademik siswa sedangkan hasil perhitungan statistik menggunakan analisis regresi linier sederhana, didapatkan nilai signifikansi sebanyak 0,000 (<0,05) menunjukkan bahwa adanya hubungan signifikansi antara variabel intensitas penggunaan media sosial dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa MAN 3 Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Intensitas, media Sosial, prokrastinasi akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 10 May 2024 02:12
Last Modified: 10 May 2024 02:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62178

Actions (login required)

View Item View Item