DWI LESTARI, PUJI (2024) Strategi guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku menyontek pada siswa di SMA Muhammadiyah 1 Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700001083_JUDUL__240319113533.pdf Download (751kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700001083_BAB_I__240319113533.pdf Download (607kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700001083_BAB_II__240319113533.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700001083_BAB_III__240319113533.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700001083_BAB_IV__240319113534.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700001083_BAB_V__240319113534.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700001083_DAFTAR_PUSTAKA__240319113534.pdf Download (306kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700001083_LAMPIRAN__240319113534.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku siswa dari SD hingga SMA masih banyak yang tidak sejalan
dengan nilai-nilai pendidikan karakter, misalnya rendahnya kedisiplinan sekolah
dan keteraturan belajar, budaya menyontek bahkan plagiarisme. Kasus menyontek
yang terjadi di sekolah SMA Muhammadiyah 1 Bantul, menjadi peran guru
Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan dan
konseling. Salah satu cara untuk mempermudah dalam penanganan siswa
menyontek yakni melaksanakan bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji guru Bimbingan dan Konseling bagaimana dalam mengatasi
perilaku menyontek terhadap siswa di SMA Muhammadiyah 1 Bantul.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan wawancara,
observasi dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah
guru Bimbingan dan Konseling/ Konselor SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Data
yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru Bimbingan dan
Konseling dalam menangani permasalahan menyontek sebagai berikut, dibukti
dilakukan dengan melalui identifikasi kasus, proses layanan bimbingan dan
konseling, penggunaan media atau metode, sarana dan prasarana, dan evaluasi.
Dengan proses pelaksanaan yang telah guru Bimbingan dan Konseling lakukan
dari tahap awal sampai akhir itu berjalan dengan baik, jadi ini dapat disimpulkan
sesuai dengan tingkat keberhasilan bantuan yang diberikan bisa dikatakan cukup
berhasil.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi guru, bimbingan dan konseling, perilaku menyontek |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 May 2024 02:15 |
Last Modified: | 10 May 2024 02:15 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62179 |
Actions (login required)
View Item |