Pengembangan media puzzle dalam layanan bimbingan kelompok untuk mencegah perilaku bullying verbal pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Turi Yogyakarta

Pangestu, Ridho (2024) Pengembangan media puzzle dalam layanan bimbingan kelompok untuk mencegah perilaku bullying verbal pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Turi Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900001125_JUDUL__240223011905.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900001125_BAB_I__240223011905.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900001125_BAB_II__240223011905.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900001125_BAB_III__240223011905.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900001125_BAB_IV__240223011905.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900001125_BAB_V__240223011905.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001125_DAFTAR_PUSTAKA__240223011905.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900001125_LAMPIRAN__240223011905.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Manusia makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri maka selalu melibatkan orang-orang disekitar. Individu yang telah memasuki masa remaja, masa yang penuh dengan berbagai dinamika, mulai adanya masa percintaan, menghadapi suatu hal yang baru untuk mengetahui tentang diri sendiri, serta solidaritas antar persahabatan. Dengan karakter yang cenderung sensitif dan labil mendorong remaja untuk bertindak, berperilaku tanpa memikirkan resiko yang mungkin akan terjadi kedepannya. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media puzzle dalam mencegah perilaku bullying verbal pada siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yaitu ADDIE digunakan sebagai pedoman dalam membuat rancangan yang efektif. Tahapan perancangan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ADDIE dimulai dengan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), pelaksanaan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Produk yang telah dihasilkan dinilai oleh ahli materi, ahli media dan ahli layanan untuk mengetahui kelayakan produk.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan yang dilakukan peneliti mendapatkan penilaian dari uji ahli media 75,1 yang termasuk kategori sangat baik/sangat layak. Penilaian uji ahli materi 88,6 yang termasuk kategori sangat layak/sangat baik. Penilaian uji ahli layanan mendapatkan 94,9 yang termasuk sangat baik/sangat layak. Hasil dari penilaian dari para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media puzzle dalam layanan bimbingan kelompok tentang Mencegah Perilaku Bullying Verbal Pada Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 2 Turi Yogyakarta dinyatakan layak. Hasil penelitian dapat digunakan oleh konselor atau guru bimbingan dan konseling untuk membantu siswa agar memiliki sikap memahami apa yang dirasakan korban bullying verbal.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Puzzle, bimbingan kelompok, perilaku bullying verbal pada siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 10 May 2024 02:22
Last Modified: 10 May 2024 02:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62184

Actions (login required)

View Item View Item