Represetasi kecantikan dalam iklan rejoice rich 3in1 versi Kiky Saputri: rambut no drama (analisis semiotika John Fiske)

Nindra, Zahrofah Fadhella (2024) Represetasi kecantikan dalam iklan rejoice rich 3in1 versi Kiky Saputri: rambut no drama (analisis semiotika John Fiske). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900030164_JUDUL__240207092922.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900030164_BAB_I__240207092923.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900030164_BAB_II__240207092923.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900030164_BAB_III__240207092923.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900030164_BAB_IV__240207092923.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900030164_DAFTAR_PUSTAKA__240207092923.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900030164_NASKAH_PUBLIKASI__240207092923.pdf

Download (419kB)

Abstract

Rejoice Indonesia kali ini memperbaharui konsepnya dengan menggunakan brand ambassador seorang komedian dan konsep yang diusung pun berbeda dengan sebelumnya, dalam iklan ini Rejoice Indonesia telah menggeser stigma masyarakat Indonesia yang selalu menggunakan model berhijab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi kecantikan yang ditampilkan dalam iklan sampo Rejoice versi "Kiky Saputri" berdasarkan analisis semiotika John Fiske.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan analisis semiotika milik John Fiske. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana representasi kecantikan dalam iklan Rejoice Rich 3in1 versi Kiky Saputri #RambutNoDrama. Sesuai analisis John Fiske yang memiliki beberapa level (realitas, representasi, dan ideologi).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa level realitas menjelaskan mengenai perempuan dengan tampilannya, level representasi menjelaskan mengenai teknik pengambilan gambar, pencahayaan dan suara yang mendukung penyampaian pesan dalam iklan, sedangkan level ideologi menjelaskan kecantikan inner beauty, outer beauty dan alur cerita yang terdapat pada video iklan

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: iklan, kecantikan, representasi, semiotika John Fiske
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:52
Last Modified: 30 Apr 2024 07:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62230

Actions (login required)

View Item View Item