Alghozi, Alan Alifudin (2024) Implementasi Metode UMMI dalam Pembelajaran Al Quran bagi Ibu Rumah Tangga Di Dusun Kralas Bantul Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031086_JUDUL__240323115809.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031086_BAB_I__240323115810.pdf Download (764kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031086_BAB_II__240323115810.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000031086_BAB_III__240323115810.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031086_BAB_IV__240323115810.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000031086_BAB_V__240323115810.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031086_DAFTAR_PUSTAKA__240323115810.pdf Download (527kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031086_LAMPIRAN__240323115810.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi terkait adanya suatu problem yang terjadi di kalangan masyarakat khususnya di Dusun Kralas Bantul Yogyakarta. Problem yang terjadi adalah Kalangan ibu rumah tangga di Dusun Kralas, sebelumnya telah dibuatkan program dan diberikan wadah untuk belajar membaca Al-Qur’an melalui pengaturan dan pengkondisian yang bermacam, namun masih kesulitan dan terhambat dalam menemukan metode yang cocok untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Dusun Kralas Bantul Yogyakarta, serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya.
Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data primer dan sekunder. Kemudian, teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Lalu dilakukan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan konklusi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an bagi ibu rumah tangga di Dusun Kralas terkonsep dan terlaksana dengan baik melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kemudian faktor pendukung dalam pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi di Tahsin Ummi Kralas terbagi menjadi 2, yaitu bekal sertifikasi Ummi dan semangat belajar peserta didik. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an bagi ibu rumah tangga menggunakan metode Ummi di Tahsin Ummi Kralas yaitu permasalahan kehadiran dan waktu belajar, Perbedaan umur dan daya kemampuan belajar peserta didik, serta kelengkapan fasilitas belajar yang masih bertahap.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Metode Ummi, Pembelajaran Al-Qur’an, Ibu Rumah Tangga |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus5 userperpus5 |
Date Deposited: | 02 May 2024 03:22 |
Last Modified: | 02 May 2024 03:22 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62290 |
Actions (login required)
View Item |