Kemandirian Belajar Siswa SMPIT Hidayah Klaten Ditinjau dari Pengaruh Teman Sebaya dan Pengelolaan Diri

Lutfio, Muhammad (2024) Kemandirian Belajar Siswa SMPIT Hidayah Klaten Ditinjau dari Pengaruh Teman Sebaya dan Pengelolaan Diri. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031375_JUDUL__240321010926.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031375_BAB_I__240321010926.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031375_BAB_II__240321010926.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031375_BAB_III__240321010926.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031375_BAB_IV__240321010926.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031375_BAB_V__240321010926.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031375_DAFTAR_PUSTAKA__240321010926.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031375_LAMPIRAN__240321010926.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana Belajar dan proses pemBelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya namun dalam hal ini tidak diimbangi dengan kemandirian Belajar siswa yang mana hal tersebut dipengaruhi beberapa factor yaitu factor teman sebaya serta pengelolaan diri yang tepat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh teman sebaya dan pengelolaan diri terhadap kemandirian Belajar siswa.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu memakai metode penelitian kuantitatif. Dengan populasi dan sampel yakni dari kelas XI SMPIT Hidayah Klaten dengan jumlah 181 siswa dengan 100 siswa yang dipilih. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi linear sederhana.

Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa 1) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Kemandirian Belajar Siswa, hal tersebut terlihat dari hasil nilai koefisien B sebesar 0,618 dan nilai t hitung sebesar 11,598; 2) Pengelolaan Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemandirian Belajar Siswa, hal ini terlihat dari nilai koefisien B sebesar 0,287 dan nilai t hitung sebesar 6,049; 3) Lingkungan Teman Sebaya dan Pengelolaan Diri secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kemandirian Belajar Siswa, hal ini terlihat dari nilai F Hitung sebesar 101,048. Sehingga dari hasil tersebut peneliti menyimpulkan jika lingkungan teman sebaya serta pengelolaan diri memiliki pengaruh terhadap kemandirian Belajar siswa di SMPIT Hidayah Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kemandirian Belajar, Pendidikan, Pengelolaan Diri, Teman Sebaya
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus5 userperpus5
Date Deposited: 02 May 2024 03:22
Last Modified: 02 May 2024 03:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62293

Actions (login required)

View Item View Item