Lutfio, Muhammad (2024) Kemandirian Belajar Siswa SMPIT Hidayah Klaten Ditinjau dari Pengaruh Teman Sebaya dan Pengelolaan Diri. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031375_JUDUL__240321010926.pdf Download (829kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031375_BAB_I__240321010926.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031375_BAB_II__240321010926.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031375_BAB_III__240321010926.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031375_BAB_IV__240321010926.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031375_BAB_V__240321010926.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031375_DAFTAR_PUSTAKA__240321010926.pdf Download (140kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031375_LAMPIRAN__240321010926.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana Belajar dan proses pemBelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya namun dalam hal ini tidak diimbangi dengan kemandirian Belajar siswa yang mana hal tersebut dipengaruhi beberapa factor yaitu factor teman sebaya serta pengelolaan diri yang tepat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh teman sebaya dan pengelolaan diri terhadap kemandirian Belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu memakai metode penelitian kuantitatif. Dengan populasi dan sampel yakni dari kelas XI SMPIT Hidayah Klaten dengan jumlah 181 siswa dengan 100 siswa yang dipilih. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji regresi linear sederhana.
Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa 1) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Kemandirian Belajar Siswa, hal tersebut terlihat dari hasil nilai koefisien B sebesar 0,618 dan nilai t hitung sebesar 11,598; 2) Pengelolaan Diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemandirian Belajar Siswa, hal ini terlihat dari nilai koefisien B sebesar 0,287 dan nilai t hitung sebesar 6,049; 3) Lingkungan Teman Sebaya dan Pengelolaan Diri secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kemandirian Belajar Siswa, hal ini terlihat dari nilai F Hitung sebesar 101,048. Sehingga dari hasil tersebut peneliti menyimpulkan jika lingkungan teman sebaya serta pengelolaan diri memiliki pengaruh terhadap kemandirian Belajar siswa di SMPIT Hidayah Klaten.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kemandirian Belajar, Pendidikan, Pengelolaan Diri, Teman Sebaya |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus5 userperpus5 |
Date Deposited: | 02 May 2024 03:22 |
Last Modified: | 02 May 2024 03:22 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62293 |
Actions (login required)
View Item |