Manajemen kurikulum lembaga pendidikan non formal berbasis Kuttab Al Fatih Yogyakarta

Hartati, Komsatul (2024) Manajemen kurikulum lembaga pendidikan non formal berbasis Kuttab Al Fatih Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700031107_JUDUL__240322075653.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700031107_BAB_I__240322075653.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700031107_BAB_II__240322075653.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700031107_BAB_III__240322075653.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700031107_BAB_IV__240322075653.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700031107_BAB_V__240322075653.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700031107_DAFTAR_PUSTAKA__240322075653.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1700031107_LAMPIRAN__240322075808.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi dalam penerapan kurikulum di Lembaga Non formal Kuttab Al-Fatih Yogyakarta. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah,
Koordinator Kurikulum, Guru, dan Wali Murid Kuttab. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Kurikulum yang dilakukan Kuttab Al-Yogyakarta, melalui beberapa tahapan, yaitu : Pertama, Perencanaan kurikulum Kuttab Al-Fatih Yogyakarta disusun oleh tim Kuttab AlFatih pusat. Kedua, Pengorganisasian kurikulum Kuttab Al-Fatih Yogyakarta dikembangkan secara terpadu dengan pendekatan tematik. Ketiga, Pelaksanaan kurikulum di Kuttab Al-Fatih Yogyakarta dibagi menjadi dua tingkatan, yaitu pelaksanaan kurikulum tingkat sekolah yang dilaksanakan kepala sekolah dan tingkat kelas yang dilakukan oleh guru iman dan guru Al-Qur’an. Keempat, Evaluasi kurikulum di Kuttab Al-Fatih Yogyakarta dilakukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan yaitu; koordinator Kurikulum Iman, dewan syar’i, kepala
Kuttab Al-Fatih Yogyakarta, dan pengawasan oleh Kuttab Al-Fatih Pusat. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan secara terjadwal harian, pekanan, semesteran dan tahunan melalui tes formatif dan non tes. Implementasi kurikulum di Kuttab AlFatih Yogyakarta secara garis besar meliputi kegiatan ikrar, pembelajaran AlQuran, kudapan, pembelajaran iman.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: implementasi, Kuttab Al-Fatih Yogyakarta, manajemen kurikulum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus5 userperpus5
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:39
Last Modified: 30 Apr 2024 04:39
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62297

Actions (login required)

View Item View Item