Wulandari, Yuni (2024) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Pandes Bantul Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031072_JUDUL__240327091630.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031072_BAB_I__240327091630.pdf Download (310kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031072_BAB_II__240327091630.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000031072_BAB_III__240327091630.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031072_BAB_IV__240327091630.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000031072_BAB_V__240327091630.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031072_DAFTAR_PUSTAKA__240327091630.pdf Download (143kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031072_LAMPIRAN__240327091630.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang terus maju dan berkembang dikaitkan sama halnya dengan Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, Guru PAI dituntut mampu menguasai teknologi pendidikan dengan tujuan peningkatan kompetensi profesional dalam proses belajar mengajar. Peran kepala sekolah sangatlah penting dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik, dengan hal demikian kepala sekolah berupaya meningkatkan profesional Guru PAI. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk 1) Mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi Profesional Guru PAI di SD Muhammadiyah Pandes 2) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi Guru PAI di SD Muhammadiyah Pandes.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah dan yang menjadi subjek pendukung dalam penelitian ini yaitu Gurur PAI di SD Muhammadiyah Pandes. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Informan dalam penelitian ini ada 3 yaitu, Kepala Sekolah dan dua Guru PAI.
Dari hasil analisis terlihat bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru PAI di SD Muhammadiyah Pandes diwujudkan melalui beberapa hal antara lain peran kepala sekolah sebagai educator, manajer, administrator, supervisor dan motivator. Sementara itu, profesionalisme guru PAI di SD Muhammadiyah Pandes cukup baik. Guru PAI telah memenuhi kualifikasi yang cukup dan selalu mengikuti berbagai pelatihan dan workshop.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kopentensi profesional Guru PAI, Peran Kepala Sekolah |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus5 userperpus5 |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:08 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:08 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62302 |
Actions (login required)
View Item |