Falah, Abbad Hanif Al (2024) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Buku Seni Merayu Tuhan karya Husein Ja'far Al-Hadar dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031073_JUDUL__240318021355.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031073_BAB_I__240316054640.pdf Download (262kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031073_BAB_II__240316054651.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000031073_BAB_III__240316054659.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031073_BAB_IV__240316054829.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000031073_BAB_V__240316054847.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031073_DAFTAR_PUSTAKA__240316054856.pdf Download (175kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031073_LAMPIRAN__240316054913.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
Abstract
Implementasi Pendidikan Islam di lapangan belum mencapai pada puncak kemaksimalan. Hal tersebut tercerminkan pada proses pembelajaran yang masih belum secara nyata untuk mengintegrasikan nilai-nilai keislaman pada siswa-siswinya. Apalagi ditambah dengan teknologi informasi yang mempengaruhi peserta didik dengan pengaruh budaya asing sehingga tidak sejalan dengan nilai-nilai keislaman. Pendidikan Islam telah memfasilitasi beberapa media untuk menginternalisasikan nilai-nilai keislaman, salah satunya dengan menggunakan media buku. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam buku yang berjudul "Seni Merayu Tuhan" karya Husein Ja'far Al-Hadar sehingga dapat difungsikan sebagai penanaman nilai-nilai pendidikan Islam.
Jenis penelitian ini menggunakan library research, yakni memanfaatkan bentuk dokumentasi, seperti buku dan artikel, serta berbagai bentuk tulisan lainnya sebagai data penelitian. Di lanjutkan dengan menganalisis data dengan metode content analysis, dimana metode ini digunakan untuk menafsirkan data yang telah ditemukan. Terakhir, dalam penyajian datanya menggunakan media tabel untuk memudahkan dalam pengklasifikasianya.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yang termaktub dalam buku "Seni Merayu Tuhan" karya Husein Ja'far. Nilai-nilai pendidikan Islam itu adalah: (1) nilai akidah/keimanan, meliputi: larangan menyekutukan Allah Swt. dan melakukan pujian kepada Allah Swt.; (2) nilai ibadah, meliputi: pengabdian kepada Allah Swt. dan keseimbangan kehidupan dunia dan akhirat; (3) nilai akhlak, meliputi: adab dalam berpakaian, lemah lembut dalam berkomunikasi, memaafkan orang lain, sabar, dan ikhlas; serta (4) nilai sosial, meliputi: mempunyai jiwa keadilan, menanamkan jiwa bergotong royong, mendidik bermusyawarah, pembaharuan, dan mendidik tanggung jawab. adapun relevansinya dengan pendidikan Islam adalah meyakini dan menyembah hanyak kepada Allah YME, mengajarkan cara-cara dalam beribadah kepada Allah dan melakukan peribadahan tersebut hanya kepada Allah Swt., memiliki akhlak mulia, membangun sikap sosial untuk membawa kesejahteraan bagi masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | buku seni merayu tuhan, nilai-nilai pendidikan islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 03 May 2024 02:05 |
Last Modified: | 03 May 2024 02:06 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62303 |
Actions (login required)
View Item |