Nurrohman, Rouf Zidan (2024) Study komparatif motivasi belajar Siswa dengan menggunakan media audio visual dan tanpa menggunakan media audio visual pada pembelajaran tarikh di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031251_JUDUL__240320014311.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031251_BAB_I__240319102326.pdf Download (192kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031251_BAB_II__240319102326.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000031251_BAB_III__240319102326.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031251_BAB_IV__240319102326.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000031251_BAB_V__240319102326.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031251_DAFTAR_PUSTAKA__240319102326.pdf Download (171kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031251_LAMPIRAN__240319102326.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pentingnya motivasi belajar bagi siswa. Salah satu cara dalam meningkatkan motivasi belajar adalah dengan melibatkan media audio visual dalam pembelajarannya. Penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran diharapkan mampu menciptakan suasana yang menyenangkan khususnya pada pembelajaran tarikh. Tetapi, dalam implementasinya banyak guru yang masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran tarikh. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “study komparatif motivasi belajar siswa dengan menggunakan media audio visual dan tanpa menggunakan media audio visual pada pembelajaran tarikh di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta” Penelitian ini, dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual dan kelas kontrol tanpa menggunakan media audio visual dalam pembelajaran tarikh. Kemudian adakah perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan media audio visual dan kelas yang tanpa menggunakan media audio visual dalam pembelajaran tarikhdi SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Penarikan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket (Kuesioner), observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis Mann-Whitney dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat motivasi belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual dalam pembelajaran tarikh termasuk kedalam kategori sedang dengan 16 peserta didik dengan persentase 61,54�n kelas kontrol yang tanpa menggunakan media audio visual dalam pembelajaran tarikh termasuk kedalam ketegori sedang dengan 15 peserta didik dengan persentase 57,69%. Kemudian berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan nilai asypmp. sig. (2-tailed) sebesar 0,469 > 0,05. Maka pada penelitian ini dinyatakan tidak ada perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pembelajaran Tarikh di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | motivasi belajar, media audio visual, pembelajaran tarikh |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 07 May 2024 03:46 |
Last Modified: | 07 May 2024 03:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62306 |
Actions (login required)
View Item |