Sukma, Bunga Melati (2024) Pengaruh pemahaman metode resitasi terhadap motivasi belajar Siswa pada mata pelajaran PAI di SMP N 12 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031097_JUDUL__240319105358.pdf Download (907kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031097_BAB_I__240319105358.pdf Download (218kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031097_BAB_II__240319105358.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000031097_BAB_III__240319105358.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031097_BAB_IV__240319105358.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000031097_BAB_V__240319105358.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031097_DAFTAR_PUSTAKA__240319105358.pdf Download (174kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031097_LAMPIRAN__240319105358.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di SMP N 12 Yogyakarta, yaitu: Pertama, terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pelajaran di kelas dan asik mengobrol dengan temannya. Kedua, saat guru menjelaskan materi pelajaran masih ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan gurunya. Ketiga, terdapat siswa yang masih malu untuk bertanya dan mengungkapkan pendapatnya. Keempat, masih terdapat siswa yang terlambat memasukkin kelas ketika jam pelajaran sudah dimulai. Kelima, sebagian siswa masih memiliki motivasi belajar yang rendah ini dibuktikan dengan pengerjaakan tugas yang diberikan oleh guru kurang maksimal. Keenam, siswa di SMP N 12 Yogyakarta memiliki motivasi yang rendah karena hasil belajar beberapa siswa masih dibawah KKM. Ketujuh, pembelajaran di SMP N 12 pada pelajaran PAI mayoritas menggunakan metode resitasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa besar pemahaman metode resitasi pada pembelajaran PAI, (2) untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, (3) untuk mengetahui pengaruh pemahaman metode resitasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, dan (4) seberapa besar pengaruh pemahaman metode resitasi tehadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif melalui populasi kelas IX sebesar 192 siswa. Teknik
pengumpulan sampel menggunakan puposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 170 siswa kelas IX yang beragama islam dengan pengambilan sampel
menggunakan kuesioner/angket. Uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reabilitas, sedangkan untuk uji olah data menggunakan uji normalitas, linearitas, dan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini pada tingkat pemahaman metode resitasi pada pembelajaran PAI dalam kategori sedang dengan presentase 55,9%, tinggi 27,6%,
dan rendah 16,5%, sedangkan untuk tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dalam kategori tinggi dengan presentase 45,9%, sedang 32,4%, dan rendah 21,8%. Untuk hasil regresi linear sederhana pada penelitian ini diperoleh hasil F Hitung yaitu 173.444 dengan angka signifikansi hitung 0,000 lebih kecil dari α 0,05 sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh penggunaan metode resditasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP N 12 Yogyakarata. Adapun besar pengaruh antara X terhadap Y dapat diketahui dari R square sebesar 50,8% dan memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai R sebesar 0,713.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | pengaruh, metode resitasi, motivasi belajar siswa, pembelajaran PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:21 |
Last Modified: | 07 May 2024 06:21 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62308 |
Actions (login required)
View Item |