Implementasi metode ummi dalam meningkatkan minat baca Qur'an Siswa di MI Muhammadiyah Plus Leksono Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo

Mahira, Widyan Zulda (2024) Implementasi metode ummi dalam meningkatkan minat baca Qur'an Siswa di MI Muhammadiyah Plus Leksono Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000031140_JUDUL__240220093925.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000031140_BAB_I__240220093925.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000031140_BAB_II__240220093925.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000031140_BAB_III__240220093926.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000031140_BAB_IV__240220093926.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000031140_BAB_V__240220093926.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031140_DAFTAR_PUSTAKA__240220093926.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000031140_LAMPIRAN__240220093926.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Al Qur’an merupakan mukjizat terbesar yang Allah turunkan kepada umat manusia sebagai sumber rujukan dalam berkehidupan. Sudah menjadi suatu kewajiban bagi umat manusia dalam mempelajari isinya. Pendidikan Al Qur’an merupakan pendidikan dasar yang harus ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Tuntutan untuk membaca Al Qur’an dengan baik dan benar menjadikan munculnya berbagai macam metode. Bermacam metode digunakan dalam mempelajari Al Qur’an untuk mengurangi jumlah buta aksara Al Qur’an. Banyaknya metode tidak menjamin dapat mengurangi buta aksara Al Qur’an, karena tidak semua metode cocok untuk diterapkan di suatu instansi. Oleh karena itu, dibutuhkan penggunaan metode yang tepat dalam pembelajaran. Penelitian yang berjudul “Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Minat Baca Qur’an Siswa di MI Muhammadiyah Plus Leksono Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo” dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Al Qur’an dalam meningkatkan minat baca Qur’an siswa dengan penggunaan metode Ummi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah Plus Leksono Kabupaten Wonosobo. Sumber data primer pada penelitian ini yaitu dengan mengambil 4 responden yang terdiri dari satu pimpinan, satu pengajar, dan dua siswa kelas V. Sedangkan pengambilan data sekunder dilakukan dengan mengambil dari arsip dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai validasi dari data yang diperoleh. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data dan penyajian data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al Qur’an di MI Muhammadiyah Plus Leksono sangat berpengaruh karena terbukti dapat meningkatkan minat baca Qur’an siswa. Implementasi metode Ummi di MI Muhammadiyah Plus Leksono yaitu dimulai dari perencanaan yang dilakukan dengan menyiapkan hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaan seperti kerjasama dengan Ummi Foundation, menyiapkan SDM pengajar, dan fasilitas dalam pelaksanaannya. Kemudian dalam pelaksanaannya, suasana pembelajaran dilakukan secara asik dan menyenangkan, disertai dengan fasilitas yang baik, langkah-langkahnya jelas dan terukur, teknik guru dalam menyampaikan materi dilakukan secara langsung, berulang, dan mendampingi dengan penuh kasih sayang. Evaluasi dilakukan baik secara sistem maupun capaian siswa, evaluasi sistem dilakukan dengan cara supervisi, dan evaluasi. Capaian siswa dilakukan dengan ujian kenaikan jilid, ujian munaqasyah, dan tasmi’ hafalan Al Qur’an. Terdapat 2 kendala dalam pelaksanaannya seperti kurangnya dukungan orang tua dan kurangnya SDM. Terdapat 5 solusi atau upaya dalam mengatasi permasalahan, yaitu supervisi, dukungan dari pimpinan, mengadakan pengajian kelas dan zona, fasilitas yang memadai, serta kualifikasi dan perekrutan pengajar metode Ummi.

Kata kunci: Implementasi, Metode Ummi, Minat Baca Qur’an Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: implementasi, metode ummi, minat baca qur'an siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: user fk
Date Deposited: 06 May 2024 01:23
Last Modified: 06 May 2024 01:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62326

Actions (login required)

View Item View Item