Hanafiah, Muhammad Imam (2024) Peran Guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi bullying di SMP Negeri 5 Sungai Penuh Provinsi Jambi. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800031126_JUDUL__240303114114.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800031126_BAB_I__240303114114.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800031126_BAB_II__240303114114.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1800031126_BAB_III__240303114114.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1800031126_BAB_IV__240303114114.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
Text (BAB V)
T1_1800031126_BAB_V__240303114114.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800031126_DAFTAR_PUSTAKA__240303114114.pdf Download (142kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800031126_LAMPIRAN__240303114114.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Muhammad Imam Hanafiah (1800031126) Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan
Bullying di sekolah tidak hanya memberikan dampak bagi korban, tetapi juga pada pelaku. Sebagai seorang pendidik, guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang penting dalam mengatasi masalah bullying di sekolah. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki akses terhadap siswa dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta aktivitas-aktivitas keagamaan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prilaku bullying yang sering terjadi di SMP Negri 5 Kota Sungai Penuh, mengetahui faktor penyebab terjadinya bullying di SMP Negeri 5 Kota Sungai Penuh dan mengetahui peran Guru PAI dalam mengatasi masalah bullying pada siswa SMP Negeri 5 Kota Sungai Penuh.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari wawancara terhadap dua guru PAI dan wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, artikel ilmiah, jurnal, serta skripsi. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa di SMPN 5 Sungai Penuh Provinsi Jambi meliputi: 1) Betuk bullying yang terjadi di SMPN 5 Sungai Penuh Provinsi Jambi lebih condong berbentuk verbal berupa memanggil nama teman dengan julukan, mengatai teman bodoh, dan mengejek teman. 2) Faktor faktor penyebab terjadinya bullying di SMPN 5 Sungai Penuh Provinsi Jambi yaitu faktor sekolah, faktor keluarga, pengaruh kelompok teman sebaya, dan faktor tayangan televisi atau pengaruh tontonan. 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam dan sekolah dalam mengatasi bullying di SMPN 5 Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi yaitu guru sebagai model atau teladan, guru sebagai penasehat, guru sebagai motivator, dan guru sebagai pembimbing.
Kata Kunci : Guru, Pendidikan Agama islam, Bullying, Penasehat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | guru, pendidikan agama islam, bullying, penasehat |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 03 May 2024 03:34 |
Last Modified: | 03 May 2024 03:34 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62329 |
Actions (login required)
View Item |