Indriyani, Riska Anisa (2024) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Guru Aini karya Andrea Hinata. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2011331015_JUDUL__240323021956.pdf Download (861kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2011331015_BAB_I__240323021956.pdf Download (365kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2011331015_BAB_II__240323022038.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2011331015_BAB_III__240323021956.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2011331015_BAB_IV__240323021956.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
|
Text (BAB V)
T1_2011331015_BAB_V__240323021956.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2011331015_DAFTAR_PUSTAKA__240323021956.pdf Download (195kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2011331015_LAMPIRAN__240323021956.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam upaya internalisasi pendidikan Islam kita bisa menggunakan media karya sastra salah satunya novel. Seiring dengan kemajuan teknologi dan globalisasi, tantangan pendidikan Islam semakin meningkat. Degradasi moral remaja saat ini bisa disebabkan oleh buku yang mereka baca atau video yang ditonton melalui handphone. Peneliti tertarik untuk meneliti nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam sebuah novel yang berjudul Guru Aini karya Andrea Hirata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata dan bagaimana relevansinya terhadap praktik pendidikan Islam masa kini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam Guru Aini karya Andrea Hirata dan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata dengan praktik pendidikan Islam masa kini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan subjek penelitian berupa novel yang berjudul Guru Aini karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan uji keabsahan data menggunaka teknik ketekunan/keajegan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat banyak nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat diambil pelajaran dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Nilai-nilai yang terdapat dalam novel ini antara lain yakni: nilai akidah, ibadah, dan akhlak Kemudian peneliti juga telah menemukan relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata dengan praktik pendidikan Islam masa kini, yaitu pendidikan Islam harus mengarahkan anak memiliki sikap spiritual dan membentuk karakter anak, di dalam novel Guru Aini juga terdapat sikap spiritual yang ditunjukan oleh tokoh dan terdapat sikap karakter.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | nilai, novel guru aini, pendidikan, islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 03 May 2024 02:31 |
Last Modified: | 03 May 2024 02:31 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62334 |
Actions (login required)
View Item |