Sabilla, Rahma (2024) Pengaruh kompetensi kepribadian Guru terhadap kecerdasan emosional Siswa Kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Wates. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000331011_JUDUL__240323023544.pdf Download (810kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000331011_BAB_I__240323023544.pdf Download (257kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000331011_BAB_II__240323023544.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000331011_BAB_III__240323023544.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000331011_BAB_IV__240323023544.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000331011_BAB_V__240323023544.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000331011_DAFTAR_PUSTAKA__240323023544.pdf Download (190kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000331011_LAMPIRAN__240323023544.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini yakni adanya sebagian siswa yang tidak menempatkan emosi dan perilaku dengan tepat dan baik, ketika di dalam maupun di luar kelas. Hal ini berdasarkan pengamatan peneliti selama satu bulan 10 hari. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) peneliti ingin mengetahui tingkat kompetensi kepribadian guru di SMK Muhammadiyah 2 Wates, (2) peneliti ingin mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa di SMK Muhammadiyah 2 Wates, dan (3) peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Wates.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Wates dengan sampel sebanyak 129 siswa dari total populasi 191 siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Wates. Penarikan sampel didasarkan pada kaidah probability sampling dengan teknik pengambilan sampel dalam bentuk simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompetensi kepribadian guru (X), sedangkan variabel terikatnya adalah kecerdasan emosional siswa (Y). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Sedangkan, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 26 for windows.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, tingkat kompetensi kepribadian guru (X) di SMK Muhammadiyah 2 Wates mayoritas termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 54,3%. Kedua, tingkat kecerdasan emosional siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Wates mayoritas termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 54,3%. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Wates dikarenakan Ha diterima pada tingkat kepercayaan 95% dengan nilai signifikansi lebih kecil dari α 0,05. Besaran pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Wates yakni sebesar 29,4% dengan nilai R Square 0,294 dan memiliki hubungan yang sedang dengan nilai R 0,542.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | kompetensi kepribadian guru, kecerdasan emosional, siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 03 May 2024 02:41 |
Last Modified: | 03 May 2024 02:42 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62336 |
Actions (login required)
View Item |