Pengembangan media pembelajaran PAI materi Salat berbasis aplikasi web signage pada Kelas VIII SMPIT Ulul Albab Kota Tarakan

Arfah, M (2024) Pengembangan media pembelajaran PAI materi Salat berbasis aplikasi web signage pada Kelas VIII SMPIT Ulul Albab Kota Tarakan. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2108052062_JUDUL__240206011644.pdf

Download (945kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2108052062_BAB_I__240204084335.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2108052062_BAB_II__240204084335.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2108052062_BAB_III__240204084335.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2108052062_BAB_IV__240204084335.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2108052062_BAB_V__240204084336.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2108052062_DAFTAR_PUSTAKA__240204084336.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2108052062_LAMPIRAN__240204084336.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Guru PAI di SMPIT Ulul Albab membutuhkan media pembelajaran yang inovatif sebagai respons terhadap penurunan hasil penilaian rata-rata materi salat pada tiga angkatan terakhir. untuk itu penggunaan media memainkan peran penting dalam mendukung efektivitas pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi yang menonjol adalah penggunaan aplikasi web signage dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya dalam materi salat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Aplikasi Web signage dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) yang memadukan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif. penelitian ini didasarkan pada model pengembangan inovasi Sugiyono. Teknik pengumpulan data diantaranya; observasi, wawancara, angket, Test serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, dengan menghimpun poin penilaian yang didapatkan peneliti dari ahli dan guru PAI dan menggunakan Uji Paired Sample T-Tes SPSS. Adapun teknik analisis data kualitatif yakni menghimpun semua pendapat, saran dan tanggapan validator yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan bahan lain sehingga lebih mudah dipahami dan temuannya dapat di informasikan kepada orang lain.
Berdasarkan evaluasi kelayakan aplikasi web signage pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas 8 di SMPIT Ulul Albab oleh para ahli media dan materi, serta pemenuhan sasaran kepada siswa, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini memperoleh persetujuan dengan presentase kelayakan dari nilai para ahli media mencapai 80 %, ahli materi 96 %. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwasanya media pembelajaran berbasis web signage dinyatakan valid. Dan berdasarkan uji efektivitas dengan uji Paired sample T-Tes SPSS diperoleh interpretasi hasil nilai Sig. (2-side) sebesar 0,001 < 0,05 yang bermakna media berbasis web signage efektif serta dapat meningkatkan pemahaman Salat siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: media pembelajaran, salat, web signage
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: user fk
Date Deposited: 07 May 2024 02:30
Last Modified: 07 May 2024 02:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62337

Actions (login required)

View Item View Item