Alfianto, Asep Dwiyan (2024) Analisis pembelajaran Guru aqidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di SMPIT Baitussalam Yogyakarta. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_1908052021_JUDUL__240215105509.pdf Download (990kB) |
|
Text (BAB I)
T2_1908052021_BAB_I__240212021241.pdf Download (247kB) |
|
Text (BAB II)
T2_1908052021_BAB_II__240212021241.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text (BAB III)
T2_1908052021_BAB_III__240212021241.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
Text (BAB IV)
T2_1908052021_BAB_IV__240212021241.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
|
Text (BAB V)
T2_1908052021_BAB_V__240212021241.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
Text (BAB VI)
T2_1908052021_BAB_VI__240217084609.pdf Restricted to Registered users only Download (926kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_1908052021_DAFTAR_PUSTAKA__240212021241.pdf Download (107kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_1908052021_LAMPIRAN__240216035052.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan tentunya terdapat pendidik didalamnya untuk memajukan pendidikan. Kualitas peserta didik dapat dilihat dari kualitas seorang guru. Guru merupakan peran penting dalam rangka menciptakan pembelajaran yang efektif dalam proses pengajarannya. Guru harus menguasai pengetahuan dan keterampilannya dalam mengajar dan mampu menguasai berbagai peran guru yang harus dikuasai agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal dan efektif mungkin. Ilmu pengetahuan dalam Islam selalu beriringan dengan perkembangan mental dan juga budi pekerti dari masing-masing pribadi yang menggeluti berbagai macam disiplin ilmu. Dalam Islam sikap baik tersebut dikenal dengan akhlakul karimah. Guru mata pelajaran pada jenjang ini perlu memiliki analisis untuk mengelola dan meningkatkan akhlakul karimah peserta didik yang pada zaman ini sudah terkontaminasi dengan berbagai macam serangan dari dalam maupun dari luar.
Penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mencoba untuk menganalisis faktor yang guru dalam meningkatkan akhlakul karimah dan menyajikan apa yang sebenarnya terjadi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan wawancara terhadap guru pelajaran Aqidah Akhlak, Wakil kurikulum dan Kepala Sekolah serta tekin analisis yang lain yaitu observasi dan dokumentasi yang di lakukan di SMPIT Baitussalam, Prambanan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, akhlakul karimah pada setiap individu terpengaruh oleh latar belakang keluarga, lingkungan dan juga teman bermain yang mendampingi mereka dalam setiap kegiatan. Guru mata pelajaran Aqidah Akhlak membuat skema penting untuk membuat pendataan terhadap peserta didik yang memerlukan bimbingan khusus berkenaan dengan sikap. Dalam hal ini akhlak peserta didik dalam mengikuti disiplin yang di SMPIT Baitussalam Yogyakarta. Adapun analisis yang dilakukan untuk mendukung peningkatan akhlak tersebut dengan memberikan contoh pribadi setiap guru dalam mengajar, membuat rancangan kegiatan yang mencerminkan bersikap dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | akhlakul karimah, analisis guru, pendidikan agama islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 07 May 2024 02:02 |
Last Modified: | 07 May 2024 02:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62339 |
Actions (login required)
View Item |