Sistem pendukung keputusan pemilihan guru teladan menggunakan metode profile matching (studi kasus: SMK Farmasi Samarinda)

Handaris, Lucky Karya (2024) Sistem pendukung keputusan pemilihan guru teladan menggunakan metode profile matching (studi kasus: SMK Farmasi Samarinda). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900018280_JUDUL__240324021106.pdf

Download (960kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900018280_BAB_I__240324021106.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900018280_BAB_II__240324021106.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900018280_BAB_III__240324021106.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900018280_BAB_IV__240324021106.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900018280_BAB_V__240324021106.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900018280_DAFTAR_PUSTAKA__240324021106.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900018280_LAMPIRAN__240324021106.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900018280_NASKAH_PUBLIKASI__240324021146.pdf

Download (377kB)

Abstract

Guru merupakan seorang profesional dalam dunia pendidikan yang bertugas untuk
mengajar dan menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswa atau murid. Pada SMK Farmasi
Samarinda proses pemilihan guru teladan yang masih menggunakan cara manual yaitu tidak
berdasarkan data yang kuantitatif yang membandingkan setiap kriteria yang ada, kriteria
tersebut meliputi Aspek Disiplin dibagi 4 kriteria Guru Memulai pembelajaran tepat waktu (D1),
Guru terlibat secara aktif dalam menyelesaikan konflik antar siswa atau situasi disiplin lainnya
(D2), Guru Berpakaian Rapi Dan Sopan (D3), Guru Mengakhiri pembelajaran tepat waktu (D4).
Kemudian Untuk Aspek Kinerja Guru dibagi menjadi 4 kriteria (KG1) Kemampuan Guru Dalam
menyampaikan materi dengan jelas dan menarik, (KG2) Kemampuan Guru Dalam
Merencanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum, (KG3) Kemampuan Guru
Dalam memberikan umpan balik terhadap pekerjaan siswa, (KG4) Kemampuan Guru Dalam
Memahami standar kompetensi dan indikator pencapaian yang harus dicapai siswa. Kemudian
untuk Aspek Perilaku dibagi menjadi 4 kriteria (P1) Guru Mampu untuk mendengarkan
pertanyaan dan tanggapan siswa secara aktif, (P2) Guru Mampu menggunakan platform
pembelajaran online atau aplikasi edukatif dalam pembelajaran, (P3) Guru Mampu Menerapkan
aturan dan konsekuensi dengan konsisten dan adil, (P4) Guru Mampu Mendorong siswa untuk
mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan inisiatif sendiri. Dan penilaian yang dilakukan
hanya berdasarkan hasil voting suara menggunakan surat suara dan juga perhitungan yang
dilakukan tidak komputerisasi sehingga data mudah hilang.
Pada penelitian ini menggunakan metode Profile Matching dan untuk metode pengujian
dilakukan dengan 3 metode pengujian yaitu menggunakan Sistem Usabillity Scale (SUS),
Pengujian BlackBox, dan pengujian Expert Judgement. Metode Profile Matching dipilih karena
memiliki keunggulan dari metode lainnya seperti Namanya sendiri yaitu Profile adalah suatu
gambaran atau tulisan berupa pendeskripsian secara singkat untuk menjelaskan informasi yang
didapat dari suatu keadaan yang mengacu pada diri atau data seseorang. Kemudian pada
penilitian kali ini subjeknya adalah guru sehingga sanggat cocok di gunakan pada penelitian ini.
Selain itu metode Profile Matching dipilih karena secara garis besar merupakan proses
membandingkan antara kemampuan individu ke dalam kompetensi yang harus dicapai dalam
suatu jabatan/posisi. Tahapan penelitian yang di lakukan meliputi identifikasi masalah, metode,
analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian.
Hasil penelitian ini berupa rekomendasi calon guru teladan yang diberikan kepada
kepala sekolah SMK Farmasi Samarinda, dengan harapan mampu membantu Sekolah tersebut
dalam mengambil keputusan dalam pemilihan guru teladan yang sesuai dengan keinginan dan
kebutuhannya. Pengujian BlackBox menghasilkan sistem yang secara keselurahan berjalan
dengan semestinya atau sudah sesuai dengan skenario pengujian dengan persentase
keberhasilan 100%. Pengujian Expert Judgement menghasilkan validitas sama atau tinggi. Hasil
pengujian sistem menggunakan metode SUS mendapatkan skor 86,75 sehingga sistem yang
dibuat dinyatakan ACCEPTABLE dan dapat disimpulkan bahwa sistem ini layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: sistem pendukung keputusan; profile matching; pemilihan guru teladan; system usability scale (SUS); blackbox
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:23
Last Modified: 30 Apr 2024 01:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62425

Actions (login required)

View Item View Item