Motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran masa pasca pandemi di SD Muhammadiyah Sangonan I

Tiara, Grahita Sukma (2024) Motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran masa pasca pandemi di SD Muhammadiyah Sangonan I. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700005072_JUDUL__240425120650.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700005072_BAB_I__240425120650.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700005072_BAB_II__240425120650.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700005072_BAB_III__240425120650.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700005072_BAB_IV__240425120650.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700005072_BAB_V__240425120650.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700005072_DAFTAR_PUSTAKA__240425120650.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1700005072_LAMPIRAN__240425120650.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1700005072_NASKAH_PUBLIKASI__240425120650.pdf

Download (2MB)

Abstract

pembelajaran masa pasca pandemi memberikan dapak terhadap kemampuan siswa,seperti siswa mengalami penurunan kemampuan belajar dan pengetahuan baik secara spesifik atau umum. Pembelajaran yang semula dalam jaringan dilaksanakan di lingkungan dimana pengajar dan siswa terpisah satu sama lain dalam hal waktu dan ruaang. Hal tersebut memungkinkan peserta didik untuk belajar beradaptasi pada pembelajaran yang kini tatap muka di kelas. Sehingga motivasi peserta didik sangat dibutuhkan pada proses pembelajaran. Dengan demikian tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tinggi rendahnya motivasi siswa dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi siswa SD Muhammadiyah Sangonan 1 dalam mengikuti pembelajaran pasca pandemi .
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I-VI di SD Muhammadiyah Sangonan 1. Berdasarkan jumlah responden yang lebih dari 100 maka peneliti akan mengambil 25�ri jumlah populasi yaitu 40 siswa. Dalam penelitian ini variabel bebasnya adalah motivasi siswa ( X) sedangkan variabel terikatnya yaitu pembelajaran pasca pandemi (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan persentase yang berwujud angka-angka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pasca pandemi berada pada kategori tinggi dengan persentase 37.5%. Kategori tinggi tersebut tidak terlepas dari aspek yang mempengaruhi, yaitu adanya dorongan atau dukungan dari dalam diri siswa baik dari dalam maupun dari luar. Berdasarkan komponen intrinsik terdapat faktor yang mempengaruhi, yaitu: faktor perhatian berada pada kategori tinggi, faktor minat pada kategori tinggi, dan faktor aktivitas berada pada kategori tinggi. Berdasarkan komponen ekstrinsik berada pada kategori sedang dengan persentase 40%. Dalam komponen ekstrinsik terdapat faktor yang mempengaruhi yaitu: faktor keluarga berada pada kategori sedang,faktor sekolah pada kategori sedang, dan faktor lingkungan berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: motivasi belajar, pasca pandemi, pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: dian yunihasti
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:29
Last Modified: 29 Apr 2024 06:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62797

Actions (login required)

View Item View Item