Kuswantara, Hary (2024) Pengembangan e-modul konsep bunga tunggal dan bunga majemuk berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207050006_JUDUL__240429082611.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207050006_BAB_I__240429082611.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207050006_BAB_II__240429082611.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB III)
T2_2207050006_BAB_III__240429082611.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
T2_2207050006_BAB_IV__240429082611.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
|
Text (BAB V)
T2_2207050006_BAB_V__240429082611.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207050006_DAFTAR_PUSTAKA__240429082611.pdf Download (2MB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207050006_LAMPIRAN__240429082611.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Salah satu tujuan utama dalam pembelajaran matematika adalah meningkatkan kemampuan literasi matematika, karena keterampilan ini sangat penting untuk memecahkan berbagai masalah matematika. Faktanya kemampuan literasi matematika peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta masih termasuk dalam kriteria rendah berdasarkan hasil tes tertulis yang sudah dilakukan peneliti. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan guru terhadap peserta didik masih menggunakan metode ceramah dan penggunaan bahan ajar yang ada belum memuat masalah-masalah kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Modul Konsep Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan pada tahap eksperimen produk, digunakan Nonequivalent Control Group Design, yang merupakan bagian dari desain quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen validasi, instrumen respon peserta didik, dan soal pretest dan posttest. Berdasarkan uji validitas, produk e-Modul berbasis PBL termasuk kategori baik dari segi materi dengan skor rata-rata 4.18 dan sangat baik dari segi media dengan skor rata-rata 4.23. Sedangkan dari segi respon peserta didik, e-Modul berbasis PBL termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 79,967 sehingga dikatakan praktis. Berdasarkan hasil analisis nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol e-Modul berbasis PBL efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | modul, e-modul, problem-based learning, kemampuan literasi matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 04:55 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 04:55 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62805 |
Actions (login required)
View Item |