Pengembangan e-modul konsep bunga tunggal dan bunga majemuk berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika

Kuswantara, Hary (2024) Pengembangan e-modul konsep bunga tunggal dan bunga majemuk berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2207050006_JUDUL__240429082611.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2207050006_BAB_I__240429082611.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2207050006_BAB_II__240429082611.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2207050006_BAB_III__240429082611.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2207050006_BAB_IV__240429082611.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2207050006_BAB_V__240429082611.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2207050006_DAFTAR_PUSTAKA__240429082611.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2207050006_LAMPIRAN__240429082611.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Salah satu tujuan utama dalam pembelajaran matematika adalah meningkatkan kemampuan literasi matematika, karena keterampilan ini sangat penting untuk memecahkan berbagai masalah matematika. Faktanya kemampuan literasi matematika peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta masih termasuk dalam kriteria rendah berdasarkan hasil tes tertulis yang sudah dilakukan peneliti. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan guru terhadap peserta didik masih menggunakan metode ceramah dan penggunaan bahan ajar yang ada belum memuat masalah-masalah kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Modul Konsep Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan pada tahap eksperimen produk, digunakan Nonequivalent Control Group Design, yang merupakan bagian dari desain quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen validasi, instrumen respon peserta didik, dan soal pretest dan posttest. Berdasarkan uji validitas, produk e-Modul berbasis PBL termasuk kategori baik dari segi materi dengan skor rata-rata 4.18 dan sangat baik dari segi media dengan skor rata-rata 4.23. Sedangkan dari segi respon peserta didik, e-Modul berbasis PBL termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 79,967 sehingga dikatakan praktis. Berdasarkan hasil analisis nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol e-Modul berbasis PBL efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: modul, e-modul, problem-based learning, kemampuan literasi matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: dian yunihasti
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:55
Last Modified: 29 Apr 2024 04:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62805

Actions (login required)

View Item View Item