Pengembangan e-modul berbasis problem solving terintegrasi pendekatan pembelajaran TPACK pada siswa SMK materi persamaan lingkaran

Rasmini, Rida (2024) Pengembangan e-modul berbasis problem solving terintegrasi pendekatan pembelajaran TPACK pada siswa SMK materi persamaan lingkaran. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2108050028_JUDUL__240320120930.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2108050028_BAB_I__240314054938.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2108050028_BAB_II__240314054938.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2108050028_BAB_III__240314054938.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2108050028_BAB_IV__240314054938.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2108050028_BAB_V__240314054938.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2108050028_DAFTAR_PUSTAKA__240314054938.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2108050028_LAMPIRAN__240314054938.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Pengembangan e-modul berbasis problem solving terintegrasi pendekatan pembelajaran TPACK pada siswa SMK materi persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk dipergunakan sebagai bahan ajar materi persamaan lingkaran sehingga kemampuan problem solving dari siswa kelas XI SMK meningkat. Model pengembangan dalam penelitian yang berjenis R & D ini adalah Analyse, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas XI Busana SMK Negeri 1 Karanggayam Kebumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan lembar validasi dan asesmen sumatif yang merupakan tes hasil belajar siswa mengenai kemampuan problem solving setelah mempelajari e-modul. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa e-modul berbasis problem solving terintegrasi pendekatan pembelajaran TPACK termasuk dalam kategori Baik dengan hasil skor rata – rata dari validasi materi 156, sedangkan hasil skor validasi ahli media mendapatkan rata – rata skor
52,35 dengan kategori baik. Hasil respon peserta didik pada uji coba kelas kecil menghasilkan rata-rata 52,25 dan termasuk dalam kategori bail/layak, sedangkan untuk hasil respon di kelas uji pelaksanaan rata-rata skor 54,7 termasuk dalam kategori baik / layak. Hasil uji hipotesis dengan uji t satu sampel pihak kanan,dengan membandingkan nilai asesmen sumatif yaitu 80,13 dengan nilai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran sebesar 70 memperoleh hasil dengan α=0,05 dan derajat kebebasan 29 mendapat skor
6,735, atau t hitung > t tabel yang berarti bahwa penggunaan e-modul efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih besar dari KKTP.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: E-modul, problem soving, TPACK, persamaan lingkaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 10 May 2024 02:46
Last Modified: 10 May 2024 02:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62885

Actions (login required)

View Item View Item