Rasmini, Rida (2024) Pengembangan e-modul berbasis problem solving terintegrasi pendekatan pembelajaran TPACK pada siswa SMK materi persamaan lingkaran. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2108050028_JUDUL__240320120930.pdf Download (693kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2108050028_BAB_I__240314054938.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2108050028_BAB_II__240314054938.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2108050028_BAB_III__240314054938.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2108050028_BAB_IV__240314054938.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2108050028_BAB_V__240314054938.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2108050028_DAFTAR_PUSTAKA__240314054938.pdf Download (167kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2108050028_LAMPIRAN__240314054938.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Pengembangan e-modul berbasis problem solving terintegrasi pendekatan pembelajaran TPACK pada siswa SMK materi persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk dipergunakan sebagai bahan ajar materi persamaan lingkaran sehingga kemampuan problem solving dari siswa kelas XI SMK meningkat. Model pengembangan dalam penelitian yang berjenis R & D ini adalah Analyse, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas XI Busana SMK Negeri 1 Karanggayam Kebumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan lembar validasi dan asesmen sumatif yang merupakan tes hasil belajar siswa mengenai kemampuan problem solving setelah mempelajari e-modul. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa e-modul berbasis problem solving terintegrasi pendekatan pembelajaran TPACK termasuk dalam kategori Baik dengan hasil skor rata – rata dari validasi materi 156, sedangkan hasil skor validasi ahli media mendapatkan rata – rata skor
52,35 dengan kategori baik. Hasil respon peserta didik pada uji coba kelas kecil menghasilkan rata-rata 52,25 dan termasuk dalam kategori bail/layak, sedangkan untuk hasil respon di kelas uji pelaksanaan rata-rata skor 54,7 termasuk dalam kategori baik / layak. Hasil uji hipotesis dengan uji t satu sampel pihak kanan,dengan membandingkan nilai asesmen sumatif yaitu 80,13 dengan nilai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran sebesar 70 memperoleh hasil dengan α=0,05 dan derajat kebebasan 29 mendapat skor
6,735, atau t hitung > t tabel yang berarti bahwa penggunaan e-modul efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih besar dari KKTP.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | E-modul, problem soving, TPACK, persamaan lingkaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 10 May 2024 02:46 |
Last Modified: | 10 May 2024 02:47 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62885 |
Actions (login required)
View Item |