Pengembangan modul pembelajaran berbasis kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel SMP Kelas VIII

Fahira, Elsa (2024) Pengembangan modul pembelajaran berbasis kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel SMP Kelas VIII. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000006008_JUDUL__240306024801.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000006008_BAB_I__240305050745.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000006008_BAB_II__240305050745.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000006008_BAB_III__240305050745.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000006008_BAB_IV__240305050745.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000006008_BAB_V__240305050745.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006008_DAFTAR_PUSTAKA__240305050745.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000006008_LAMPIRAN__240305050745.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hanya sebagian kecil peserta didik SMP Negeri 4 Banguntapan yang mampu memecahkan permasalahan dalam materi sistem persamaan linear dua variabel. Guru hanya menggunakan LKS sebagai pedoman dalam pembelajaran dan belum adanya modul pembelajaran berbasis kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan modul pembelajaran berbasis kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Dengan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sebelum melakukan uji coba terhadap siswa, terdapat tahap validasi yaitu validasi materi dan validasi media yang digunakan untuk mengetahui kevalidan produk. Dalam penelitian ini terdapat dua tahap uji coba yaitu uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan poduk yang dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata presentase penilaian ahli materi sebesar 84,9% dengan kategori sangat kuat, dan rata-rata penilaian ahli media sebesar 85,7% dengan kategori sangat kuat. Hasil uji coba kelas kecil diperoleh penilaian sebesar 84,3% dengan kategori sangat praktis dan kelas besar diperoleh penilaian sebesar 89% dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Modul pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah, sistem persamaan linear dua variabel, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 15 May 2024 06:06
Last Modified: 15 May 2024 06:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62915

Actions (login required)

View Item View Item