Mukhayyaroh, Halimatus Novia (2024) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis microsoft sway untuk meningkatkan keterampilan proses mengamati peserta didik Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005319_JUDUL__240313030408.pdf Download (348kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005319_BAB_I__240313015313.pdf Download (89kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005319_BAB_II__240313015313.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005319_BAB_III__240313015313.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005319_BAB_IV__240313015313.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005319_BAB_V__240313015313.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005319_DAFTAR_PUSTAKA__240313015313.pdf Download (94kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005319_LAMPIRAN__240313015313.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005319_NASKAH_PUBLIKASI__240313015313.pdf Download (738kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yaitu media pembelajaran dan sumber belajar yang masih belum efektif dan rendahnya keterampilan proses mengamati. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu mengetahui hasil, kelayakan, dan efektifitas pengembangan multimedia pembelajaran berbasis Microsoft Sway untuk meningkatkan keterampilan proses mengamati peserta didik materi perubahan iklim kelas III sekolah dasar.
Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). R&D adalah model penelitian yang diimplementasi untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model yang dikembangkan Robert Maribe Branch dengan pendekatan ADDIE Analysis, Design, Development, Implementatiton, dan Evaluation. Hasil dari validasi ahli media dengan rata-rata skor akhir 4,8 dengan persentase 96% (sangat layak), validasi oleh ahli materi dengan rata-rata skor akhir sebesar 4,45 dengan persentase 89% (sangat layak), dan validasi oleh ahli pembelajaran dengan rata – rata skor akhir sebesar 4 dengan persentase 81% (sangat layak). Hasil perolehan nilai respon guru kelas III SD Negeri 1 Donorojo mendapatkan rata-rata 4,7 dengan persentase hasil 94% termasuk kategori “sangat layak” dan hasil perolehan nilai respon guru kelas III SD Negeri 2 Donorojo mendapatkan rata-rata 4,5 dengan persentase hasil 90% termasuk kategori “sangat layak”. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor respon peserta didik sebesar 4,6 pada SD Donorojo 1 dan sebesar 4,7 pada SD Negeri 2 Donorojo, sedangkan persentase hasil sebesar 92 % pada SD Negeri 1 Donorojo dan sebesar 95% pada SD Negeri 2 Donorojo.
Multimedia pembelajaran berbasis Microsoft Sway efektif untuk meningkatkan keterampilan proses mengamati peserta didik materi perubahan iklim kelas III SD Negeri 1 Donorojo dan SD Negeri 2 Donorojo. Hasil mengamati peserta didik sebelum dan sesudah penelitian mengalami peningkatan sebesar 32% yaitu dengan persentase 92% pada SD Negeri 1 Donorojo dan 51% yaitu dengan persentase 91% pada SD Negeri 2 Donorojo. Selain itu, peningkatan hasil keterampilan proses mengamati peserta didik mendapatkan skor nilai N- Gain lebih dari 0,7 dan termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Microsoft sway, perubahan iklim, keterampilan proses |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 15 May 2024 06:19 |
Last Modified: | 15 May 2024 06:19 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62925 |
Actions (login required)
View Item |