Pengembangan E-LKPD matriks berkonteks masalah P3W dengan model PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Siswanto, Deny Hadi (2024) Pengembangan E-LKPD matriks berkonteks masalah P3W dengan model PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2207050007_JUDUL__240302075059.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2207050007_BAB_I__240302075059.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2207050007_BAB_II__240302075059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2207050007_BAB_III__240302075059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2207050007_BAB_IV__240302075059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2207050007_BAB_V__240302075059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2207050007_DAFTAR_PUSTAKA__240302075059.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2207050007_LAMPIRAN__240302075059.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T2_2207050007_NASKAH_PUBLIKASI__240302075100.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan e-LKPD Matriks berkonteks Masalah P3W dengan Model Problem Based Learning (PBL) yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMK Dirgantara Putra Bangsa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, tes kemampuan berpikir kritis dan angket respon peserta didik. Berdasarkan uji validitas, e-LKPD matriks berkonteks masalah P3W dengan model PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis termasuk dalam kategori sangat baik dari segi materi dengan skor rata-rata 135 dan hasil uji validasi ahli media termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 86,33. Dari hasil tersebut, e-LKPD yang dikembangkan dapat dinyatakan memenuhi kriteria kevalidan untuk suatu bahan ajar. Berdasarkan hasil angket respon pesertadidik, diketahui bahwa respon peserta didik pada kelas kecil memperoleh skor rata-rata 20,33 dengan kategori baik dan pada kelas besar memperoleh skor rata-rata 72,60 dengan kategori sangat baik. Dari hasil teresebut, e-LKPD yang dikembangkan dapat dinyatakan memenuhi kriteria kepraktisan untuk suatu bahan ajar. Dalam penelitian ini, keefektifan e-LKPD diketahui dengan melihat hasil penilaian pretest dan posttest peserta didik, kemudian menggunakan pengujian hipotesis dengan membandingkan rata-rata hasil skor pretest dan posttest kemudian diperkuat menggunakan N-Gain. Data hasil posttest diperoleh skor rata-rata 83,93. Hasil uji paired sampel t-test diperoleh sig<α yaitu 0,00<0,05 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan e-LKPD. Hasil N-Gain memperoleh skor 0,71 dengan kategori tinggi. Sehingga disimpulkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: ADDIE, Matriks, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Perencanaan dan Pengelolaan Perjalanan Wisata
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 13 May 2024 07:05
Last Modified: 13 May 2024 07:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62955

Actions (login required)

View Item View Item