Pengembangan Math Trail dengan Mathcitymap pada materi bangun ruang sisi datar berbasis Problem Based Learning di SMP N 3 Sewon

Abdulhalim, Fathan (2024) Pengembangan Math Trail dengan Mathcitymap pada materi bangun ruang sisi datar berbasis Problem Based Learning di SMP N 3 Sewon. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900006106_JUDUL__240312055259.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900006106_BAB_I__240309013042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900006106_BAB_II__240309013042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900006106_BAB_III__240309013042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900006106_BAB_IV__240309013042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900006106_BAB_V__240309013042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900006106_DAFTAR_PUSTAKA__240309013042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900006106_LAMPIRAN__240309013042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang diperoleh dari hasil kegiatan observasi di SMP N 3 Sewon dengan beberapa kendala dalam pembelajaran matematika kelas VIII berupa: (1) Peserta didik merasa bosan dengan proses pembelajaran matematika yang dilaksanakan di dalam kelas, (2) proses pembelajaran matematika di luar kelas atau outdoor learning belum pernah dilaksanakan di SMP N 3 Sewon, (3) pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran matematika dengan bentuk math trail berbantuan MathCityMap belum pernah digunakan, (4) media pembelajaran yang digunakan belum memanfaatkan objek-objek di lingkungan SMP N 3 Sewon.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan math trail dengan MathCityMap pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development, model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-C SMP N 3 Sewon. Kegiatan yang dilakukan sebelum melakukan uji coba adalah validasi produk oleh ahli materi. Setelah produk dinyatakan layak, dilakukan uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar untuk memperoleh respon dan penilaian peserta didik terhadap math trail yang dikembangkan. Dalam math trail tersebut terdapat 7 soal dengan minimal terdapat 2 petunjuk pada masing-masing soal.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Rata-rata skor ahli materi sebesar 49 dari skor maksimal yaitu 55 sehingga termasuk kriteria sangat baik; dan (2) Rata-rata hasil respon peserta didik pada uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar sebesar 70,56 dari maksimal skor 90 sehingga termasuk kriteria baik. Dengan demikian Pengembangan math trail dengan MathCityMap pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP layak digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Math Trail, MathCityMap
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 07 May 2024 04:08
Last Modified: 07 May 2024 04:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62966

Actions (login required)

View Item View Item