Salsabila, Fadilah (2024) Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran Siswa pada mata pelajaran akidah akhlak Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031028_JUDUL__240326120233.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031028_BAB_I__240326120233.pdf Download (481kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031028_BAB_II__240326120233.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2000031028_BAB_III__240326120233.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031028_BAB_IV__240326120233.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
Text (BAB V)
T1_2000031028_BAB_V__240326120233.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031028_DAFTAR_PUSTAKA__240326120233.pdf Download (214kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031028_LAMPIRAN__240326120233.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
penelitian ini dilatar belakangi masih mendominasinya guru saat proses
pembelajaran dan peserta didik kurang aktif saat pembelajaran karna model pembelajaran
yang digunakan terlalu berfokus pada materi sehingga pembelajaran menjadi membosankan.
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII di SMP Muhammadiyah
1 Yogyakarta dan mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) dapat meningkatkan Aktivitas belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran
akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).). Subjek penelitian
adalah peserta didik kelas VIII F sebanyak 32 peserta didik. Penelitian ini dilakukan
sebanyak dua siklus. Tahapan pada penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,
dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, dan
wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran Problem Based Learning
di SMP Muhammadiyah 1 diterapkan dalam dua tahap, yaitu perencaan dan penerapan.
Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Hasil rata-rata aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sebesar
53,82% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 70,99% atau meningkat sebesar
17,17%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | akidah akhlak, aktivitas belajar, problem based learning |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 11 May 2024 07:41 |
Last Modified: | 11 May 2024 07:41 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62983 |
Actions (login required)
View Item |