Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran Siswa pada mata pelajaran akidah akhlak Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Salsabila, Fadilah (2024) Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran Siswa pada mata pelajaran akidah akhlak Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000031028_JUDUL__240326120233.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000031028_BAB_I__240326120233.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000031028_BAB_II__240326120233.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000031028_BAB_III__240326120233.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000031028_BAB_IV__240326120233.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000031028_BAB_V__240326120233.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031028_DAFTAR_PUSTAKA__240326120233.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000031028_LAMPIRAN__240326120233.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

penelitian ini dilatar belakangi masih mendominasinya guru saat proses
pembelajaran dan peserta didik kurang aktif saat pembelajaran karna model pembelajaran
yang digunakan terlalu berfokus pada materi sehingga pembelajaran menjadi membosankan.
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII di SMP Muhammadiyah
1 Yogyakarta dan mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) dapat meningkatkan Aktivitas belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran
akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).). Subjek penelitian
adalah peserta didik kelas VIII F sebanyak 32 peserta didik. Penelitian ini dilakukan
sebanyak dua siklus. Tahapan pada penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,
dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, dan
wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran Problem Based Learning
di SMP Muhammadiyah 1 diterapkan dalam dua tahap, yaitu perencaan dan penerapan.
Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Hasil rata-rata aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sebesar
53,82% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 70,99% atau meningkat sebesar
17,17%.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: akidah akhlak, aktivitas belajar, problem based learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: dian yunihasti
Date Deposited: 11 May 2024 07:41
Last Modified: 11 May 2024 07:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62983

Actions (login required)

View Item View Item