Pengembangan E-LKPD topik gelombang berbasis inquiry terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis Peserta Didik

Hasanah, Muniyatun (2024) Pengembangan E-LKPD topik gelombang berbasis inquiry terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis Peserta Didik. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2008041020_JUDUL__240429015305.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2008041020_BAB_I__240426030203.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2008041020_BAB_II__240426030203.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2008041020_BAB_III__240426030203.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2008041020_BAB_IV__240426030203.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2008041020_BAB_V__240426030204.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2008041020_DAFTAR_PUSTAKA__240426030204.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2008041020_LAMPIRAN__240426030204.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T2_2008041020_NASKAH_PUBLIKASI__240426030204.pdf

Download (405kB)

Abstract

Hasanah, M.2024. Pengembangan e-LKPD Topik Gelombang Berbasis Inquiry Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis. Tesis. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

INTISARI
Salah satu materi dalam pembelajaran fisika yang dianggap sulit oleh siswa adalah gelombang. Mereka kesulitan dalam memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, dan memberikan penjelasan lebih lanjut. Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di SMA VIP Al-Huda Kebumen masih tergolong rendah. Dikarenakan dalam proses pembelajarannya pendidik menggunakan metode pembelajaran ekspositori yang berisi penerapan rumus-rumus. Dengan demikian, siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah kontekstual. Selain itu, proses pembelajaran berpusat pada guru. Siswa mencatat, memperoleh rumus, dan mengerjakan soal latihan. Sehingga siswa merasa bosan.. Metode inkuiri merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan dan membantu siswa dalam memahami metode ilmiah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, pengaturan diri. Selain itu, ini membantu siswa untuk memahami topik tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui validitas e-LKPD topik Gelombang berbasis Inkuiri terbimbing (2) mengetahui kepraktisan e-LKPD topik Gelombang berbasis Inkuiri terbimbing (3) mengetahui kepraktisan e-LKPD topik Gelombang berbasis Inkuiri terbimbing (3) mengetahui efektivitas e-LKPD topik Gelombang berbasis Inkuiri terbimbing.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan observasi. E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing dilakukan pada siswa XI M IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Prasyaratnya adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis deskriptif menggunakan uji N-Gain score.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) e-LKPD yang dikembangkan pada materi inkuiri terbimbing berbasis gelombang sudah valid dengan skor 183 yang tergolong sangat baik (2) e-LKPD yang dikembangkan pada materi inkuiri terbimbing berbasis gelombang materi sudah praktis ditunjukkan dengan hasil penilaian angket respon siswa dengan skor 116,3 yang tergolong sangat baik (3) e-LKPD yang dikembangkan pada materi inkuiri terbimbing berbasis gelombang efektif ditunjukkan dengan hasil skor siswa berada di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Rata-rata nilai posttest siswa adalah 84,40. Hasil keefektifan pretest dan posttest N-Gain kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol sebesar 45,4�ngan kategori kurang efektif dan pada kelas eksperimen sebesar 59,1�ngan kategori cukup efektif. Jadi penggunaan e-LKPD cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada pembelajaran fisika materi gelombang di kelas XI SMA VIP Al-Huda Kebumen. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa e-LKPD mempunyai keunggulan. e-LKPD membantu siswa dalam melaksanakan tugas terstruktur baik secara kelompok maupun individu dalam bentuk tulisan, gambar atau screenshot yang dapat diakses menggunakan Android.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: e-lkpd, inkuiri terbimbing, hasil belajar kognitif, berpikir kritis, gelombang
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika)
Depositing User: dian yunihasti
Date Deposited: 11 May 2024 07:42
Last Modified: 11 May 2024 07:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62988

Actions (login required)

View Item View Item