Hakim, Lukman (2024) Maksim kesopanan dalam tuturan pendidik dan peserta didik SDN 1 Gondangwayang Temanggung pada proses belajar mengajar: analisis pragmatik. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2015025052_JUDUL__240322110304.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2015025052_BAB_I__240322105503.pdf Download (114kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2015025052_BAB_II__240322105503.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
Text (BAB III)
T1_2015025052_BAB_III__240322105503.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_2015025052_BAB_IV__240322105503.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
|
Text (BAB V)
T1_2015025052_BAB_V__240322105503.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2015025052_DAFTAR_PUSTAKA__240322105503.pdf Download (54kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis mengenai maksim kesopanan pada tuturan pendidik dan peserta didik di kelas V SDN 1 Gondangwayang pada proses belajar mengajar (analisis pragmatik). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) maksim kesopanan yang dipatuhi dalam tuturan pendidik dan peserta didik SDN 1 Gondangwayang pada proses belajar mengajar dan (2) maksim kesopanan yang dilanggar dalam tuturan pendidik dan peserta didik SDN 1 Gondangwayang pada proses belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan simak bebas libat cakap dengan memakai table data sebagai pengolahan data yang akan diklasifikasi dalam kriteria yang sesuai dengan objek penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan pragmatik.
Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa terdapat 33 data yang termasuk ke dalam pematuhan maksim kesopanan dari tuturan pendidik dan peserta didik pada saat proses pembelajaran. Maksim tersebut terdiri atas, maksim kebijaksanaan sebanyak 3 data, maksim kedermawanan sebanyak 4 data, maksim penghargaan sebanyak 8 data, maksim kesederhanaan sebanyak 6 data, maksim permufakatan sebanyak 9 data, maksim kesimpatian sebanyak 3 data. Selain itu terdapat juga pelanggaran maksim kesopanan dari tuturan pendidik dan peserta didik pada saat proses pembelajaran sebanyak 9 data. Meliputi, 2 data mengenai pelanggaran maksim kedermawanan, 5 data mengenai pelanggaran maksim kesederhanaan, 1 data mengenai pelanggaran maksim permufakatan, 1 data pelanggaran maksim kesimpatian. Di sisi lain, dalam pelanggaran maksim yang terjadi peneliti tidak menemukan adanya pelanggaran maksim berupa maksim kebijaksanaan dan maksim penghargaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | maksim kesopanan, tuturan, pematuhan, pelanggaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-Indonesian Letters (S1-Sastra Indonesia) |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 07 May 2024 02:01 |
Last Modified: | 07 May 2024 02:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/62996 |
Actions (login required)
View Item |