Furqon, Hafidan Nur (2024) Efektivitas alat peraga Torso pada hasil pembelajaran IPAS Kelas V di SD Banyuurup Dlingo Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005370_JUDUL__240323010324.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005370_BAB_I__240323010324.pdf Download (135kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005370_BAB_II__240323010324.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
T1_1900005370_BAB_III__240323010324.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005370_BAB_IV__240323010324.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
Text (BAB V)
T1_1900005370_BAB_V__240323010324.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005370_DAFTAR_PUSTAKA__240323010324.pdf Download (159kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005370_LAMPIRAN__240323010324.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005370_NASKAH_PUBLIKASI__240323010325.pdf Download (463kB) |
Abstract
Penggunaan alat peraga torso pada pembelajaran bertujuan untuk mempelajari tubuh manusia pada sistem pernapasan menggunakan alat peraga torso. Dengan penggunaan alat peraga torso peneliti akan mudah menjelaskan system pernapasan manusia. Ketika di dalam kelas peneliti memperkenalkan alat peraga torso dari setiap organ pada sistem pernapasan.setelah siswa mengenal alat peraga torso, peneliti mendemonstrasikan atau menerangkan sistem pernapasan menggunakan alat peraga torso dan siswa memperhatikannya. Pada proses pembelajaran ketika peneliti memperkenalkan alat peraga torso dan siswa dapat memahami bagaimana proses pernapasan pada manusia. Dengan memperoleh skor 4 yang masuk dalam kategori sangat sesuai
Peneliti menjelaskan bahwa di dalam organ pernapasan terdapat macam-macam penyakit. Penyakit yang ada dalam organ pernapasan diantaranya asma, bronchitis, influenza dam pneumonia. Dengan diterapkan alat peraga torso siswa dapat mengetahui penyakit yang ada dalam organ pernapasan. Dengan memperoleh skor 4 yang masuk dalam kategori sangat sesuai.
Setelah siswa memahami alat perag torso dan macam penyakit yang ada dalam organ pernapasan, siswa diharapkan mampu menjawab pertayaan dari peneliti. Pertanyaan yang diajukan bertujuan guna untuk mengukur pemahaman siswa dalam memahami materi menggunakan alat peraga torso. Selanjutnya siswa merangkum materi yang telah dipelajari serta bertanya mengenai materi yang kurang dipahami mengenai organ pernapasan menggunakan alat peraga torso. Dengan memperoleh skor 3 yang masuk dalam kategori sesuai
Berdasarkan uraian diatas observer memberikan penilaian terhadap siswa mengenai pembelajaran menggunakan alat peraga torso. Pada penilaian tersebut observer memberikan penilaian dengan kategori sangat sesuai pada setiap aspek yang diamati. Dengan penilaian tersebut dapat disimpilkan bahwa penggunaan alat peraga torso sangat sesuai digunakan dalam proses pembelajaran pada materi organ pernapasan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | IPAS, alat peraga, torso, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | dian yunihasti |
Date Deposited: | 02 May 2024 03:08 |
Last Modified: | 02 May 2024 03:08 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63004 |
Actions (login required)
View Item |