Analisis preferensi pengguna media sosial X terhadap Calon Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Tahun 2024 menggunakan text mining

Tresnani, Adelia (2024) Analisis preferensi pengguna media sosial X terhadap Calon Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Tahun 2024 menggunakan text mining. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000016077_JUDUL__240326032709.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000016077_BAB_I__240326032709.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000016077_BAB_II__240326032709.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000016077_BAB_III__240326032709.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000016077_BAB_IV__240326032709.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000016077_BAB_V__240326032709.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000016077_DAFTAR_PUSTAKA__240326032709.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000016077_LAMPIRAN__240326032709.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)

Abstract

Pemilihan Presiden Indonesia 2024 memunculkan diskusi yang semakin intens dalam politik. Pasangan calon presiden dan wakil presiden aktif terlibat dalam kegiatan untuk memengaruhi preferensi masyarakat. Para politisi merancang strategi berdasarkan popularitas mereka dengan harapan mendapatkan dukungan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak informasi politik di media sosial X terhadap preferensi pengguna terhadap calon presiden dan wakil presiden Indonesia 2024 serta memberikan landasan untuk strategi komunikasi yang efektif.
Metode penelitian yang diterapkan mencakup kombinasi text mining dan Simple Additive Weighting (SAW) untuk meneliti kecenderungan atau pilihan masyarakat berdasarkan data dari media sosial X berupa tweet. Pengumpulan data tweet menggunakan teknik scraping berdasarkan kata kunci dan hashtag yang relevan. Pada penelitian ini, text mining digunakan untuk mendapat hasil sentimen dari tweet yang diposting oleh pengguna media sosial X. Penelitian ini juga menggunakan metode Rank Order Centroid (ROC) untuk mendapatkan nilai bobot pada masing-masing kriteria yang kemudian digunakan dalam metode SAW untuk mendapatkan nilai terbesar dari proses pemeringkatan.
Data yang berhasil didapatkan sebanyak 92.852 tweet. Terdapat tiga kelompok sentimen, yakni positif, netral, dan negatif. Berdasarkan tren yang terbentuk, didapatkan bahwa sentimen positif lebih mendominasi. Hasil pemeringkatan dengan metode SAW menunjukkan bahwa Prabowo Subianto & Gibran Rakabuming Raka menempati peringkat pertama dengan nilai akhir 0.865. Sementara itu, Anies Baswedan & Muhaimin Iskandar mendapat nilai sebesar 0.846 pada perangkat kedua. Pada peringkat ketiga, yaitu Ganjar Pranowo & Mahfud MD memperoleh nilai akhir sebesar 0.702. Penerapan metode text mining dan SAW ini berhasil menunjukkan bahwa pengguna media sosial X cenderung memilih pasangan Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: analisis sentimen, pemilihan presiden, preferensi, simple additive weighting, text mining
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: dian yunihasti
Date Deposited: 02 May 2024 02:51
Last Modified: 02 May 2024 02:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63005

Actions (login required)

View Item View Item