Misbahuddin, Fakhri (2024) Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kurikulum merdeka di Kelas II SDN Sedono Semin. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005322_JUDUL__240321035812.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005322_BAB_I__240321035812.pdf Download (243kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005322_BAB_II__240321035812.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005322_BAB_III__240321035812.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005322_BAB_IV__240321035812.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005322_BAB_V__240321035812.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005322_DAFTAR_PUSTAKA__240321035812.pdf Download (225kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005322_LAMPIRAN__240321035812.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005322_NASKAH_PUBLIKASI__240321035813.pdf Download (200kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sedono Semin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji tingkat kesulitan dalam proses pembelajaran Matematika mengenai pengukuran waktu di kelas II SDN Sedono Semin. kesulitan belajar Matematika adalah suatu kondisi di mana siswa tidak dapat belajar secara wajar dalam bidang akademik khususnya pada mata pelajaran Matematika sehingga siswa tidak bisa belajar sebagaimana mestinya
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa, dengan perincian 8 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki, yang merupakan siswa kelas II SDN Sedono Semin. Dalam penelitian ini, terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran topik pengukuran waktu. Penelitian dilakukan pada tanggal 15 Februari 2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya kesulitan dalam pembelajaran Matematika mengenai pengukuran waktu bagi siswa kelas II SDN Sedono Semin. Jenis kesulitan yang diidentifikasi meliputi kesulitan dalam membaca sebanyak 7 siswa, kesulitan dlam transformasi sebanyak 9 siswa, dan kesulitan dlam keterampilan proses sebanyak 5 siswa. Selain itu terdapat faktor intenal dari siswa dimana siswa tidak menyukai Matematika sehingga mereka suka lupa dengan materi yang sudah di ajarkan oleh guru pada akhirnya siswa mengalami beberapa aspek kesulitan belajar Matematika khususnya pada materi pengukuran waktu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | kesulitan belajar; Matematika; pengukuran waktu |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 06 May 2024 07:30 |
Last Modified: | 06 May 2024 07:30 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63080 |
Actions (login required)
View Item |