Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis kemampuan Literasi Matematis menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik SMA Kelas X

Cahyani, Erisa Putri (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis kemampuan Literasi Matematis menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik SMA Kelas X. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000006058_JUDUL__240321053522.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000006058_BAB_I__240321053522.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000006058_BAB_II__240321053522.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000006058_BAB_III__240321053523.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000006058_BAB_IV__240321053523.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000006058_BAB_V__240321053523.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006058_DAFTAR_PUSTAKA__240321053523.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000006058_LAMPIRAN__240321053523.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berfokus pada adanya masalah yang terdapat pada Peserta Didik Kelas XA di SMA Angkasa Adisutjipto yaitu belum adanya bahan ajar LKPD dan model pembelajaran yang kurang menarik. Karena saat dilakukan tes kemampuan literasi matematis, skor yang diperoleh Peserta Didik Kelas XA di SMA Angkasa Adisutjipto masih tergolong rendah, penulis menambahkan adanya unsur literasi matematis pada LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui pengembangan bahan ajar LKPD berbasis kemampuan literasi matematis menggunakan model pembelajaran PBL pada peserta didik SMA Kelas X, (2) mengetahui kevalidan LKPD yang dikembangkan, dan (3) mengetahui kepraktisan LKPD yang dikembangkan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas XA di SMA Angkasa Adisutjipto. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Sebelum dilakukan uji coba di sekolah, LKPD telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang merupakan Dosen Pendidikan Matematika UAD.
Hasil yang didapatkan yaitu: 1.) LKPD berbasis kemampuan literasi matematis dengan model pembelajaran PBL untuk peserta didik kelas X yang telah dibuat dengan model pengembangan ADDIE; 2.) LKPD terbukti sangat valid dengan hasil validasi 92% oleh ahli materi dan 92,19% oleh ahli media; 3.) LKPD tergolong sangat praktis dengan hasil penilaian respon yaitu 94,49% oleh Peserta Didik Kelas XA dan 96,59% oleh Guru Matematika SMA Angkasa Adisutjipto. Kesimpulannya, penggunaan LKPD berbasis kemampuan literasi matematis dengan model PBL dapat dijadikan sebagai alternatif yang sangat valid dan praktis pada pembelajaran matematika di tingkat SMA kelas X.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: LKPD, literasi matematis, PBL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 06 May 2024 07:41
Last Modified: 06 May 2024 07:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63087

Actions (login required)

View Item View Item