Pamudja, Izzat (2024) Penguatan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran di mata kuliah PKn di prodi PPKN Universitas Ahmad Dahlan tahun 2022. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700009025_JUDUL__240320113850.pdf Download (549kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700009025_BAB_I__240320113850.pdf Download (118kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700009025_BAB_II__240320113850.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700009025_BAB_III__240320113851.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700009025_BAB_IV__240320113851.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700009025_BAB_V__240320113851.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700009025_DAFTAR_PUSTAKA__240320113851.pdf Download (165kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700009025_LAMPIRAN__240320113851.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
Abstract
Karakter tanggung jawab saat ini mulai memudar salah satunya dalam proses pendidikan. Hal ini ditandai dengan maraknya kasus dalam lingkungan pendidikan yang diakibatkan dari lemahnya rasa tanggung jawab peserta didik. Melemahnya karakter tanggung jawab juga banyak disebabkan oleh pelaksanaan pembelajaran. Maka dari itu, diperlukan penguatan karakter yang terintegrasi dalam setiap pembelajaran baik di sekolah maupun perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penguatan karakter Tanggung Jawan dalam pembelajaran di Mata Kuliah PPKn di Prodi PPKn Universitas Ahmad Dahlan Tahun 2022.
Penelitian ini akan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berkaitan dengan upaya yang dilakukan oleh Prodi PPKn Universitas Ahmad Dahlan pada tahun 2022 dalam penguatan karakter tanggung jawab dalam pembelajaran di mata kuliah PPKn. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan karakter tanggung jawab dilaksanakan pada tiga tahap. Pertama, pada perencanaan pembelajaran melalui RPS. Kedua, pelaksanaan pembelajaran melalui pelaksanaan dalam penjabaran sub-CPMK. Ketiga, evaluasi pembelajaran yang juga mengikuti sub-CPMK.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Karakter Tanggung Jawab, Mata Kuliah PKn, Universitas Ahmad Dahlan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 04 May 2024 04:01 |
Last Modified: | 04 May 2024 04:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63115 |
Actions (login required)
View Item |