Adhyaksa, Muhammad Salman (2024) Efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik games (UNO) guna mencegah Academic Burnout pada mahasiswa. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900001013_JUDUL__240507045628.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900001013_BAB_I__240506023442.pdf Download (225kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900001013_BAB_II__240506023442.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900001013_BAB_III__240506023442.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900001013_BAB_IV__240506023442.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900001013_BAB_V__240506023442.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900001013_DAFTAR_PUSTAKA__240506023443.pdf Download (317kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900001013_LAMPIRAN__240506023443.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Academic Burnout merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh mahasiswa. Hal ini terjadi karena tekanan akademik yang tinggi, tuntutan dalam pencapaian prestasi, serta ketidakseimbangan antara tugas akademik dan kehidupan sosial. Academic Burnout bisa Mengganggu kesejahteraan mahasiswa, baik secara psikologis juga fisik, dan mempengaruhi prestasi akademik mereka. Guna Mencegah academic burnout pada mahasiswa maka penelitian ini menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan Teknik Games
Salah satu cara mencegah academic burnout yaitu memberikan layanan bimbingan kelompok. Pemberian layanan bimbingan kelompok untuk mencegah academic burnout dapat dipadukan dengan teknik games. Bimbingan kelompok teknik games bertujuan untuk melakukan pencegahan academic burnout, agar mahasiswa mampu memahami informasi akibat perilaku dan mengurangi tingkat
academic burnout. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan didapatkan sebanyak 84 mahasiswa bimbingan dan konseling 2021. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu skala academic burnout. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji validitas menggunakan product
moment. Teknik analisis data menggunakan statistic dengan menggunakan SPSS.
Berdasarkan hasil pretest pada 84 siswa menyebutkan bahwa 13 mahasiswa (16%) termasuk kategori rendah, 62 mahasiswa (75%) kategori sedang dan 8 siswa (9%) kategori tinggi. Academic burnout dapat menimbulkan tekanan yang menyebabkan stress sehingga mempengaruhi prestasi akademik siswa. Academic burnout merupakan permasalahan yang cukup serius, sehingga peranan konselor untuk mengatasi hal ini sangat diperlukan agar dapat menjaga kestabilan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik games efektif untuk mengurai academic burnout pada mahasiswa dengan bukti subjek yang memperoleh skor pretest 67, setelah diberikan perlakuan menurun menjadi 51.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | academic burnout, bimbingan kelompok, games |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 11 May 2024 02:22 |
Last Modified: | 11 May 2024 02:22 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63218 |
Actions (login required)
View Item |