Pengaruh model permainan make a match terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas III SD N Sidorejo

Fitriani, Normalita (2024) Pengaruh model permainan make a match terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas III SD N Sidorejo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005289_JUDUL__240219110943.pdf

Download (715kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005289_BAB_I__240219110943.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005289_BAB_II__240219110943.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005289_BAB_III__240219110943.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005289_BAB_IV__240219110943.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005289_BAB_V__240219110943.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005289_DAFTAR_PUSTAKA__240219110943.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005289_LAMPIRAN__240219110943.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005289_NASKAH_PUBLIKASI__240219110943.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang diterapkan masih belum inovatif. Hasil belajar siswa masih dalam kategori kurang dari KKM khususnya pada mata pelajaran matematika. Dalam proses belajar mengajar siswa kurang berpartisipasi, pasif dan cepat bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe make a match terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas III SD N Sidorejo.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, dengan jenis Quasi Eksperiment. Desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Groub Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD N Sidorejo. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel bebas (X) Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes soal uraian pretest posttest.
Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji non parametrik wilcoxon dengan sebelumnya melakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian dengan menggunakan uji wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model permaianan make a match terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai posttest dibanding nilai pretest sebesar 13,50. Hasil analisis uji wilcoxon menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka H_O ditolak artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar model permainan make a match untuk pretest dan posttest. Sehingga, dari hasil analisis data tersebut penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan informasi ilmiah terkait penggunaan model pembelajaran dan kreatifitas pendidik dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran dapat lebih menyenangkan dan menarik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Model pembelajaran kooperatif, tipe make a match, hasil belajar, matematika, sekolah dasar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: userperpus1 userperpus1
Date Deposited: 11 May 2024 07:43
Last Modified: 11 May 2024 07:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63238

Actions (login required)

View Item View Item