Kharisma, Kharisma (2024) Analisis kemampuan membaca pada anak penyandang disleksia terlahir prematur studi kasus Khanza 13 tahun. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000025027_JUDUL__240227012909.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000025027_BAB_I__240227012909.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000025027_BAB_II__240227012909.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000025027_BAB_III__240227012909.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000025027_BAB_IV__240227012909.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000025027_BAB_V__240227012909.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000025027_DAFTAR_PUSTAKA__240227012909.pdf Download (127kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000025027_LAMPIRAN__240227012909.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000025027_NASKAH_PUBLIKASI__240227012909.pdf Download (189kB) |
Abstract
Kesulitan membaca atau biasa disebut disleksia kerap sekali dialami oleh anak-anak bahkan orang tua. Salah satu penyebab disleksia yaitu terlahir prematur atau lahir sebelum waktunya. Hal ini dialami oleh Khanza anak berusia 13 tahun yang mengalami kesulitan membaca. Banyak sekali kosa kata yang sulit dibaca oleh Khanza ketika dilakukan tes membaca baik kata dasar maupun kata bentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kesulitan membaca kata dasar dalam aspek fonologi dan bagaimana kesulitan membaca kata bentukan dalam aspek morfologi yang dialami oleh Khanza.
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian studi kasus dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah Khanza anak penyandang disleksia terlahir prematur berusia 13 tahun. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kesulitan membaca kata yang dialami oleh subjek. Penelitian ini menggunakan metode simak untuk pengumpulan data dengan menggunakan teknik dasar yang dipakai adalah teknik sadap kemudian teknik lanjutan yang digunakan yaitu teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat, sedangkan metode agih digunakan sebagai teknik analisis data.
Hasil dari penelitian ini, yaitu ditemukan 43 data kesulitan membaca yang dilakukan subjek dalam aspek fonologi dan 14 data kesulitan membaca yang dilakukan subjek dalam aspek morfologi. Kesulitan yang dilakukan subjek dalam aspek fonologi terdapat 5 bagian yaitu, proses perubahan bunyi ditemukan sebanyak 2 data, pelesapan fonem ditemukan sebanyak 18 data, pergeseran fonem ditemukan sebanyak 6 data, perubahan fonem ditemukan sebanyak 16 data, penambahan fonem ditemukan sebanyak 1 data. Kesulitan yang dilakukan subjek dalam aspek morfologi terdapat 5 bagian yaitu, perubahan bentuk kata ditemukan sebanyak 6 data, pelepasan prefiks ditemukan sebanyak 3 data, pelepasan sufiks ditemukan sebanyak 3 data, pelepasan konfiks ditemukan sebanyak 1 data, perubahan prefiks ditemukan sebanyak 1 data.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | disleksia, psikolinguistik, morfologi, fonologi, perubahan bunyi |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Depositing User: | userperpus1 userperpus1 |
Date Deposited: | 13 May 2024 01:08 |
Last Modified: | 13 May 2024 01:08 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63244 |
Actions (login required)
View Item |