Analisis kesalahan berbahasa dalam karangan deskriptif peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Prambanan

Sulistyanda, Yudha Ichsan Nurul Aziz (2024) Analisis kesalahan berbahasa dalam karangan deskriptif peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Prambanan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005293_JUDUL__240216054403.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005293_BAB_I__240216054403.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005293_BAB_II__240216054403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005293_BAB_III__240216054403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005293_BAB_IV__240216054403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005293_BAB_V__240216054403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005293_DAFTAR_PUSTAKA__240216054403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005293_LAMPIRAN__240216054403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005293_NASKAH_PUBLIKASI__240216054403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Bahasa memiliki peranan sangat penting bagi kehidupan tersebut dapat ditunjukan sebagai alat komunikasi. Penggunaan Bahasa sebagai alat komunikasi tidak hanya sekedar memahami dan dapat berbicara dengan bahasanya, tetapi terdapat aturan kaidah-kaidah bahasa yang perlu diperhatikan. Kesalahan berbahasa adalah suatu peristiwa yang berhubungan erat dengan pemakaian bahasa baik secara lisan maupun tulis. Dalam sebuah karangan juga pastinya terdapat suatu kesalahan berbahasa. Kesalahan tersebut meliputi kesalahan tataran ejaan dan kesalahan tataran penulisan kalimat. Dalam beberapa hal tersebut, maka diperlukan analisis kesalahan berbahasa yang dijadikan sebagai acuan sejauh mana kemampuan berbahasa peserta didik. Analisis kesalahan Bahasa bertujuan untuk mengetahui kesalahan tersebut dan sebagaimana bisa melakukan pembenaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Objek penelitian adalah peserta didik. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi serta panduan analisis data teknik dasar PUP selanjutnya menggunakan teknik lanjutan HBS dan HBB.
Hasil penelitian menunjukan kesalahan pada bidang penulisan kalimat yang ditemukan dalam 33 teks karangan peserta didik yaitu; (1) penghilangan konjungsi sebanyak 4 data, (2) kalimat tidak baku 10 data, (3) kalimat ambigu 1 data, (4) partikel 1 data, (5) kalimat tidak logis 5 data, (6) mencampurkan beberapa bahasa 2 data. Kesalahan pada bidang penulisan kalimat yang ditemukan dalam 33 teks karangan peserta didik yaitu; penggunaan huruf dan penggunaan tanda baca. Penggunaan huruf yaitu; (1) Huruf kapital sebagai huruf pertama pada awal kalimat 28 data, (2) Huruf kapital sebagai awal kalimat dalam petikan langsung 13 data, (3) huruf kapital sebagai huruf pertama nama geografis 2 data. Selanjutnya penggunaan tanda baca yaitu; (1) tanda titik 13 data, (2) tanda koma 5 data, (3) tanda seru 3 data, (4) tanda tanya 5 data, (5) tanda hubung 2 data.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kesalahan Eja, Kesalahan Kalimat, Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: userperpus1 userperpus1
Date Deposited: 11 May 2024 07:43
Last Modified: 11 May 2024 07:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63261

Actions (login required)

View Item View Item